DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PISA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 MALANG

MUHAMMAD . IKMAL

Abstrak


ABSTRACT

 

Ikmal, Muhammad. 2016. Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika PISA Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc., (II) Dr. Abadyo, M.Si.

Kata Kunci: Proses Berpikir, Soal Matematika PISA, Teori Pemprosesan Informasi

Dalam menghadapi era globalisasi, siswa-siswa di Indonesia harus mampu bersaing dengan siswa lain di berbagai negara dalam hal kemampuan literasi matematika, sains dan membaca. Terdapat organisasi internasional yang menilai kemampuan siswa dalam bidang literasi matematika, sains dan membaca, yaitu PISA (Programme for International Student Assessment). PISA dalam studinya mengases siswa dengan menggunakan tes yang diselenggarakan secara internasional. Prestasi siswa Indonesia selama berpartisipasi dalam PISA, masih sangat rendah. Siswa Indonesia hanya terbiasa dengan soal-soal rutin pada level 1 dan level 2. Rendahnya hasil tes siswa Indonesia disebabkan lemahnya kemampuan pemecahan masalah soal non-routine level tinggi seperti yang diujikan dalam PISA. Siswa dalam malakukan aktivitas pemecahan masalah pada soal matematika PISA melibatkan proses berfikir. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui bagaimana proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal matematika PISA. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal matematika PISA.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 5 Malang kelas IX semester II. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa yang ditetapkan berdasarkan hasil pengerjaan soal konteks literasi matematika. Soal matematika PISA yang digunakan dalam penelitian ini merupakan soal level 1 sampai 6. Hasil penelitian berupa deskripsi proses berpikir siswa saat mengerjakan soal matematika PISA yang dideskripsikan menggunakan teori pemprosesan informasi.

 

Terjadinya proses berpikir siswa berawal dari adanya stimulus berupa informasi yang ada pada soal matematika PISA yang kemudian direkam dalam sensory register. Dalam sensory register sebagian informasi diberi perhatian (selective attention) untuk kemudian dimaknai (perception). Informasi yang menjadi selective attention adalah hal-hal yang diketahui dan yang ditanyakan dalam soal. Proses pemaknaan oleh masing-masing subjek pada soal matematika PISA dilakukan dengan memanggil kembali (retrieval) pengetahuan yang tersimpan dalam long term memory untuk kemudian digunakan dalam menentukan solusi permasalahan. Terjadinya retrieval berlangsung dalam short term memory. Pengetahuan yang dipanggil kembali oleh masing-masing subjek pada soal matematika PISA 1 berupa konsep mean, pada soal matematika PISA 2 berupa konsep perbandingan senilai, pada soal matematika PISA 3 berupa konsep segitiga, pada soal matematika PISA 4 berupa konsep SPLDV dan pada soal matematika PISA 5 dan 6 berupa konsep luas persegi panjang dan luas lingkaran.