DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas IX

Dwi Hidayanti

Abstrak


ABSTRACT

 

Hidayanti, Dwi. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah  untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX SMP. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. A.R. As’ari, M.Pd, M.A; (2)  Drs. Tjang Daniel C, M.Si, Ph.D

Kata Kunci : Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS yang memiliki kriteria valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis pemecahan masalah. Pemecahan masalah dipilih karena menurut beberapa teori dan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, pemecahan masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh beberapa hal, yaitu: (1) pentingnya berpikir kritis pada era globalisasi untuk menyaring informasi; (2) pentingnya berpikir kritis dimiliki oleh siswa untuk bekal ketika terjun di masyarakat; (3) rendahnya kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa; (4) kurangnya latihan siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis; (5) tidak tersedianya RPP dan LKS yang dapat memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Plomp (2010) yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu penelitian pendahuluan, tahap pembuatan prototip, dan tahap asesmen. Dalam penelitian ini juga digunakan instrumen penelitian yang valid diantaranya adalah lembar validasi RPP, lembar validasi LKS, angket respon praktisi, angket respon siswa, lembar observasi keterlaksanaan RPP, tes 1 kemampuan berpikir kritis, rubrik penilaian tes 1 kemampuan berpikir kritis, tes 2 kemampuan berpikir kritis, rubrik penilaian tes 2 kemampuan berpikir kritis, dan pedoman wawancara.

 

Uji coba perangkat pembelajaran ini dilakukan di MTs Surya Buana dan di SMPN 2 Malang. Dari hasil uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan diperoleh hasil bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP dan LKS memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Skor kevalidan yang diperoleh sebesar 3,86 yang berarti valid. Skor kepraktisan yang diperoleh sebesar 3,32 yang berarti memiliki kriteria kepraktisan yang tinggi. Sedangkan, keefektifannya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 74%.