DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Program Asesmen Formatif Tes Testlet Berbantuan Mobile Device untuk Membantu Siswa SMA Meningkatkan Penguasaan Konsep Suhu dan Kalor

Aloysius Rabata Nova Tisna F T

Abstrak


ABSTRACT

 

Rabata, Aloysius NTFT. 2016. Pengembangan Program Asesmen Formatif Tes Testlet Berbantuan Mobile Device untuk Membantu Siswa SMA Meningkatkan Penguasaan Konsep Suhu dan Kalor. Tesis. Jurusan Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Parno., M.Si (2) Dr Supriyono Koes H., M.Pd., M.A

Kata Kunci: ASFORTE-T, mobile device, penguasaan konsep, asesmen formatif

Asesmen formatif memberikan banyak manfaat bagi guru dan siswa di dalam pembelajaran. Asesmen formatif membantu guru untuk memperbaiki pembelajaran dan memberikan informasi kepada siswa mengenai kesulitan yang mana dialami oleh siswa. Meskipun banyak kelebihan dari asesmen formatif, guru masih kesulitan untuk memberikan balikan langsung kepada siswa secara menyeluruh. Mobile device merupakan teknologi yang memungkinkan penggunaan asesmen formatif mendapatkan balikan langsung di dalam kegiatan pembelajaran. Balikan pada mobile device dapat menunjukkan jawaban benar dan salah, nilai, dan menyediakan cara penyelesaian soal ketika siswa menjawab salah. Pengembangan asesmen formatif berbantuan mobile device dalam penelitian ini didukung dengan menggunakan tes testlet, karena tes testlet memadukan kelebihan soal pilihan ganda dan soal uraian yang dibentuk ke dalam soal pilihan ganda. Tes testlet dapat digunakan sebagai kunci untuk membuat aliran ide pada tes pilihan ganda, sehingga dapat mengurangi tingkat mengarang jawaban siswa. Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk mengembangan program asesmen formatif tes testlet berbantuan mobile device untuk membantu siswa SMA meningkatkan penguasaan konsep suhu dan kalor.

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Penelitian ini menggunakan sampel penelitian sebanyak 2 kelas, yaitu 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling sampling dari populasi sejumlah 5 kelas di SMAN 3 Blitar. Analisis efektifitas program pengembangan menggunakan ANCOVA yang dianalisis melalui SPSS 16.

 

Hasil penelitian dan pengembangan ini antara lain: (1) Dihasilkan program ASFORTE-T berbantuan mobile device, (2) Program ASFORTE-T berbantuan mobile device mendapat kriteria layak, dan (3) Uji efektivitas menunjukkan bahwa ada perbedaan penguasaan konsep siswa yang menggunakan program ASFORTE-T berbantuan mobile device dengan siswa yang tanpa menggunakan program ASFORTE-T berbantuan mobile device