DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-Module Berbasis Problem Based Learning Mata Pelajaran Kimia untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang

Arvi Sekar Farenta

Abstrak


ABSTRAK

Farenta, Arvi Sekar. 2016. Pengembangan E-Module Berbasis Problem Based

Learning Mata Pelajaran Kimia untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 8

Malang. Tesis, Program Studi Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana,

Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sulton, M.Pd, (II) Prof.

Dr. H. Punaji Setyosari, M.Pd, M.Ed

Kata kunci : Pengembangan, E-module, Kimia, PBL 

Kimia merupakan mata pelajaran yang dapat disampaikan secara multi

representasi. Munculnya media pembelajaran berbasis komputer yang

menyediakan bermacam-macam pengalaman belajar karena dapat menyampaikan

materi secara multi representasi melalui berbagai media bentuk digital menjadi

pilihan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran. Namun, pemilihan media

pembelajaran harus disesuaikan dengan sumberdaya dan kebutuhan pembelajaran

yang ada.  

Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran kimia di SMA Negeri 8 Malang

menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. SMA Negeri 8 Malang yang

menggunakan sistem kredit semester, menuntut siswa untuk belajar materi kimia

lebih cepat karena dalam dua semester siswa menempuh lebih banyak materi

daripada materi seharusnya dalam kurikulum 2013. Kenyataan ini berpengaruh

terhadap hasil belajar siswa yang rendah, siswa kurang tertarik, dan kesadaran

siswa untuk mempelajari materi terlebih dahulu sebelum guru menginstruksikan

tergolong lemah. Hal ini disebabkan karena media pembelajaran yang digunakan

berupa buku paket kurikulum 2013, LKS, handout yang disiapkan oleh guru dan

disajikan terpisah serta tidak sistematis. Kelemahan dari media pembelajaran yang

ada ini yakni belum menampilkan gambar yang informatif, belum

mendeskripsikan struktur isi KIKD, dan belum memvisualkan materi sehingga

menyebabkan siswa dihadapkan pada dunia khayalan tentang kimia.

Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang

valid sehingga dapat mengefektifkan pembelajaran kimia untuk siswa kelas X

SMA Negeri 8 Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam ini adalah

model Lee & Owens (2004). Secara prosedural, langkah-langkah model Lee &

Owens yakni: : (1) assessment/ analysis; (2) design; (3) development; (4)

implementation dan (5) evaluation.

Hasil pengembangan e-module mata pelajaran kimia untuk siswa kelas X

SMA Negeri 8 Malang berdasarkan hasil validasi yakni ahli materi 91,45%; ahli

media 98%; uji coba siswa perseorangan 84%; uji coba kelompok kecil 85%; dan

uji coba lapangan 86,87%. Dari tes hasil belajar pada post test presentase siswa

yang memenuhi KKM 95%. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah

dilakukan dapat disimpulkan bahwa e-module mata pelajaran kimia SMA Negeri

8 Malang valid dan layak serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran. 

Bagi pengembang berikutnya disarankan untuk lebih memperkaya referensi

untuk materi di dalam e-module dan mengeksplor dari segi produksi media yakni

variasi tampilan, gambar serta video dibuat lebih bagus sehingga menarik

perhatian siswa untuk belajar. Pengembangan E-Module berbasis Problem Based Learning Mata Pelajaran Kimia untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid, sehingga dapat mengefektifkan pembelajaran. Metode yang digunakan model Lee & Owens (2004) yaitu: assessment/ analysis; design; development; implementation; dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran valid dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran