DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kecakapan Berpikir Kritis, Literasi Ilmiah, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 7 SMA N 1 Karanganyar Melalui Blended-Problem Based Learning Berbasis Lesson Study

Samuel Agus Triyanto

Abstrak


ABSTRAK

Triyanto, Samuel Agus. 2016. Peningkatan Kecakapan Berpikir Kritis, Literasi

Ilmiah, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 7 SMA N 1

Karanganyar Melalui Blended-Problem Based Learning Berbasis Lesson

Study. Tesis. Pendidikan Biologi. Program Pascasarjana Universitas Negeri

Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D., (2) Dr.

Fatchur Rohman, M.Si.

Keywords: Blended-Problem Based Learning, berpikir kritis, literasi ilmiah, hasil

belajar biologi, lesson study

Hasil uji pra siklus mengenai kecakapan berpikir kritis, literasi ilmiah, dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 7 SMA N 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016 menunjukkan bahwa proses belajar yang berlangsung kurang maksimal. Proses belajar harus dimaksimalkan dengan menggunakan desain pembelajaran yang memanfaatkan permasalahan sebagai stimulus pembelajaran dan berbasis teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan berpikir kritis, literasi ilmiah, dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 7 SMA Negeri 1 Karanganyar, serta mengetahui penerapan Blended-Problem Based Learning atau Blended-PBL berbasis Lesson Study dalam pembelajaran.

Penelitian Tindakan Kelas ini memiliki 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang berbasis Lesson Study meliputi tahap plan, do, dan see. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 7 yang berjumlah 32 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen tes berpikir kritis, literasi ilmiah, dan hasil belajar biologi. Analisis data penelitian menggunakan teknik deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecakapan berpikir kritis, literasi ilmiah, dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 7 tahun pelajaran 2015/2016 meningkat dengan penerapan Blended-PBL berbasis Lesson Study. Blended-PBL berbasis Lesson Study diterapkan melalui kegiatan pembelajaran online dan tatap muka di kelas, dengan memanfaatkan Lesson Study untuk meningkatkan proses belajar.