DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Strategi Peningkatan Kemampuan Dosen dalam Penulisan Karya Ilmiah (Studi Multi Kasus pada Unisda dan Staidra di Kabupaten Lamongan)

NAFILATUR ROHMAH

Abstrak


ABSTRACT

 

Strategi Peningkatan Kemampuan Dosen dalam Penulisan Karya Ilmiah (Studi Multi Kasus pada Unisda dan Staidra di Kabupaten Lamongan)

Rohmah, Nafilatur. 2016. Strategi Peningkatan Kemampuan Dosen dalam Penulisan Karya Ilmiah (Studi Multi Kasus pada Unisda dan Staidra di Kabupaten Lamongan). Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  (I) Prof. Dr. H. M. Huda A.Y, M.Pd, (II) Dr. H. Kusmintardjo, M.Pd

Kata Kunci : strategi, dosen, kemampuan dosen, karya ilmiah

Visi perguruan tinggi selalu mengarah pada pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Salah satu wujud Tridharma Perguruan Tinggi adalah karya ilmiah. Untuk mencapai visi institusi, diperlukan strategi. Melalui strategi peningkatan kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah akan mengarahkan institusi perguruan tinggi untuk mencapai visi yang telah ditetapkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiksripsikan tentang: (1) tujuan strategi peningkatan kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah, (2) bentuk-bentuk strategi peningkatan kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah, (3) faktor pendukung dan faktor penghambat strategi peningkatan kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi multi kasus. Kehadiran peneliti adalah sebagai instrumen kunci karena peneliti merupakan alat pengumpul data. Lokasi penelitian ini adalah di Universitas Islam Darul Ulum (Unisda) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Drajat (Staidra) Kabupaten Lamongan. Sumber data terdiri dari manusia dan non manusia. Penentuan subjek penelitian dengan teknik purposive snowball sampling. Prosedur pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data individual dan dan analisis data lintas kasus. Pengecekan keabsahan data melalui uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, tujuan strategi peningkatan kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah terdiri dari: (a) tujuan kelembagaan, bahwa strategi peningkatan kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah bertujuan untuk menjalankan kewajiban dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, mewujudkan harapan dan cita-cita institusi sebagaimana yang tercantum dalam visi dan misi institusi, serta meningkatkan citra dan daya saing institusi melalui peningkatan nilai akreditasi institusi dan program studi, (b) tujuan personal, bahwa bahwa strategi peningkatan kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah secara personal bertujuan untuk mencapai tujuan dari setiap individu dosen dalam membuat karya ilmiah yang dipublikasikan pada level nasional maupun internasional, tujuan personal ini nantinya juga akan memberikan kontribusi terhadap institusi, (c) tujuan kemasyarakatan, bahwa tujuan strategi peningkatan kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah secara kemasyarakatan bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah yang terjadi di lingkungan masyarakat melalui ide-ide yang tertulis dalam karya ilmiah yang dihasilkan sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. Kedua, bentuk-bentuk strategi peningkatan kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah tercermin melalui; (a) program kegiatan, berupa pelatihan dan pembentukan forum ilmiah dosen, (b) pemberian fasilitas dengan cara membuka jurnal-jurnal baru yang sesuai dengan program studi yang ada di institusi, (c) pengalokasian dana, berupa pemberian bantuan dana penelitian dan pengabdian masyarakat serta pemberian insentif sebagai bentuk penghargaan dalam penulisan karya ilmiah, (d) bentuk strategi peningkatan kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah dipengaruhi oleh kondisi perguruan tinggi baik itu kondisi sumber daya manusia, kondisi sumber daya keuangan, serta kebijakan yang ditetapkan institusi;  Ketiga, faktor pendukung dan faktor penghambat strategi peningkatan kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah: (a) faktor pendukung: terdapat alokasi dana untuk pelaksanaan pelatihan, terdapat alokasi dana untuk pemberian insentif  sebagai penghargaan untuk dosen yang berprestasi dalam menghasilkan karya ilmiah, adanya usaha penambahan fasilitas publikasi jurnal ber-ISSN, serta keaktifan dosen dalam mengikuti forum ilmiah dosen, (b) faktor penghambat: tidak semua dosen mengikuti pelatihan, jumlah dana penelitian dan pengabdian masyarakat tidak banyak dan prosedurnya rumit, serta forum ilmiah dosen dilaksanakan ditingkat institusi, sedangkan dosen berasal dari disiplin ilmu yang berbeda-beda, sehingga menyebabkan kajian yang dihasilkan tidak utuh, (c) faktor pendukung dan faktor penghambat strategi peningkatan kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah berbeda dalam setiap institusi, hal ini disebabkan oleh keadaan dan kebijakan setiap institusi.

 

Berdasarkan hasil penelitian, berikut adalah saran-saran yang diberikan untuk pihak-pihak terkait: (1) Rektor Universitas Islam Darul Ulum (Unisda) dan Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Drajat (Staidra), dapat menggunakan penelitian ini sebagai pertimbangan serta evaluasi dalam melakukan hal-hal berikut: (a) melakukan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana tujuan strategi peingkatan kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah dapat dicapai, (b) mengoptimalkan pelaksanaan strategi peningkatan kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah melalui pelatihan, pengalokasian bantuan dana penelitian dan pengabdian masyarakat, pemberian fasilitas publikasi dengan membuka jurnal-jurnal baru, pelaksanaan forum ilmiah dosen, serta pemberian insentif sebagai penghargaan prestasi dalam bidang penulisan karya ilmiah, (c) mengoptimalkan faktor pendukung serta meminimalisir faktor penghambat pelaksanaan strategi peningkatan kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah. (2) Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unisda dan Staidra, dapat digunakan sebagai evaluasi dan pertimbangan terkait peran serta LPPM dalam melaksanakan strategi peningkatan kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah. (3) Dosen, dapat digunakan sebagai renungan untuk mengetahui tentang pentingnya karya ilmiah sehingga dapat lebih memotivasi lagi dalam meningkatkan kemampuannya dibidang penulisan karya ilmiah.