DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan AjarBerbasis Strategi Sinektik BerbantuanMedia Gambar pada Mata Pelajaran Agama Katolik di SD YPPK Santo Tarsisius Biankuk Merauke-Papua

Paustina Ngali Mahuze

Abstrak


ABSTRAK

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Strategi Sinektik

Berbantuan Media Gambar pada Mata Pelajaran Agama Katolik

di SD YPPK Santo Tarsisius Biankuk Merauke-Papua

Paustina Ngali Mahuze

2

Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana-Universitas Negeri

Malang

E-mail: boyenfaustina@gmail.com

Abstract: Mahuze, Ngali Paustina. 2016. The development of learning

materials based on pictures media-assisted synectics strategy for the

instructional subjects of Catholicism at the primary school of Saint Tarsius

Biankuk Merauke. Thesis. Study Program of Educational Technology,

Postgraduate Program of State University of Malang. Advisor: (I) Prof. Dr. I

Nyoman Degeng Sudana, M. Pd Dr. (II) Anselmus JE Toenlioe, M. Pd

Keywords: The Development of Learning Materials, Picture Media assisted

Synectics

Strategy,

Catholic

Religious.

1

 Teknologi pembelajaran merupakan suatu bidang yang mengkaji tentang teori dan praktek dalam desain pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi proses dan sumber untuk belajar. Desain pengembangan bahan ajar berbasis strategi sinektik berbantuan media gambar memfasilitasi dan memecahkan persoalan pembelajaran peserta didik yang kurang efektif dalam mempraktekkan pengetahuan keagamaanya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam desain pengembangan bahan ajar, memfasilitasi dan mengelolah serta membantu pendidik dalam menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan belajar.  Melalui teknologi pembelajaran diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang melanda dunia pendidikan dalam misi membangun manusia yang berbudaya dan berkarakter.

Dalam proses pembelajaran membutuhkan teknologi pembelajaran berupa strategi,  cara/teknik penyajian yang digunakan agar tercapai tujuan belajar. Strategi yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini adalah straregi sinektik yang dalam analogi personalnya peserta didik mengumpamakan diri dengan orang lain yang diamati melalui gambar dan menyimak cerita sehingga mengarakan peserta didik berpikir kritis, kreaktif, ekspresi, empati dan pandangan ke dalam relasi-relasi sosial. 

Media gambar dalam desain pengembangan bahan ajar berbasis strategi sinektik, memperjelas pesan-pesan yang abstrak, menarik perhatian dan motivasi serta menimbulkan gairah belajar, memungkinkan peserta didik belajar mandiri, memberikan rangsangan yang sama, menyamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama bagi peserta didik dalam proses pembelajaran.

Media gambar memiliki peran dalam menyalurkan pesan dari Allah sehingga merangsang perhatian, minat, perasaan dan pikiran peserta didik dengan maksud menjadi semakin beriman kepada Tuhan, dengan semikian membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan beraklak mulia serta peningkatan spiritual.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan bahan ajar berbasis strategi sinektik berbantuan gambar pada pelajaran agama katolik; (2) menguji kelayakan bahan ajar berbasis strategi sinektik berbantuan gambar pada pelajaran agama katolik; (3) mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan bahan ajar berbasis strategi sinektik berbantuan media gambar pada mata pelajaran agama katolik.

Penelitian menggunakan rancangan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan model pengembangan Dick & Carey sebagai landasan untuk menjawab tujuan di atas. Dalam hal ini, peneliti mengumpulkan data melalui angket dan lembaran validasi.

Berdasarkan hasil validasi ahli materi, segi isi materi produk bahan ajar cukup valid/ layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan nilai 70,5%, buku pegangan peserta didik valid dan sangat layak 77,5% dan buku panduan guru dikatakan valid dan sangat layak membantu pendidik dalam mengelolah pembelajaran dengan nilai 89%.

Hasil validasi ahli media dapat disimpulkan bahwa dari segi media pembelajaran produk bahan ajar sangat valid/ sangat layak digunakan dengan validitas nilai 98,5%, buku pegangan peserta didik valid dan sangat layak 98,5% dan buku panduan guru dikatakan valid dan sangat layak dengan nilai 100%.

Hasil validasi ahli desain menunjukkan bahwa dari segi desain, produk bahan ajar cukup valid/ cukup layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan nilai validitas 72%, buku pegangan peserta didik cukup valid dan cukup layak 60% dan buku panduan guru dikatakan valid dan sangat layak membantu pendidik dalam mengelolah pembelajaran dengan tingkat validitas 80%.

Berdasarkan hasil uji coba guru bidang studi dan sangat layak nilai validitas 80%, buku pegangan peserta didik valid dan sangat layak dengan tingkat validitas 80% dan buku panduan guru dikatakan valid dan sangat layak membantu pendidik dalam mengelolah pembelajaran dengan tingkat validitas 85%. 

Berdasarkan hasil uji coba perorangan menunjukkan bahwa produk buku pegangan peserta didik valid dan sangat layak dengan tingkat validitas 92%, uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa produk buku pegangan peserta didik valid dan sangat layak digunakan dengan tingkat validitas 95,3% dan hasil yang diperoleh dari uji lapangan menunjukkan bahwa produk buku pegangan peserta didik valid dan sangat layak dengan tingkat validitas 98% dipergunakan dalam proses pembelajaran.

Berdasarkan perolehan hasil belajar peserta didik secara keseluruhan produk bahan ajar yang didesain menggunakan strategi sinektik berbantuan gambar pada pembelajaran agama katolik ini, mengalami peningkatan pada uji coba perorangan 16,25%, uji coba kelompok kecil 12% dan uji coba lapangan meningkat sebesar 16, 25% sehingga dapat dikatakan bahwa produk tersebut efektif digunakan dalam proses pembelajaran.