DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Novin Suryono

Abstrak


ABSTRACT

 

Suryono, Novin. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd., (II) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd

Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Matematika Bangun Ruang

Berdasarkan Analisis kebutuhan melalui observasi dan wawancara di SDN Kesatrian 1 Kota Malang, ditemukan bahwa pembelajaran Matematika belum memanfaatkan fasilitas teknologi yang tersedia. Sekolah memiliki fasilitas teknologi yang bagus seperti komputer, laptop, dan LCD, wifi. Sumber belajar yang digunakan guru adalah buku guru dan buku siswa yang dibagi oleh pemerintah, sehingga belum ada media penunjang lainnya. Guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan media pembelajaran matematika khususnya khususnya materi bangun ruang karena keterbatasan kemampuan dan minimnya sumber belajar yang dimiliki.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk berupa multimedia interaktif untuk pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas V Sekolah Dasar yang memenuhi kelayakan. Produk multimedia interaktif ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran tentang bangun ruang.

Pengembangan multimedia menggunakan model pengembangan Lee & Owens (2004) yang menggunakan 5 tahap pengembangan yakni, (1) assesment/analysis (analisa), (2) design (desain/perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi/eksekusi), (5) evaluation (evaluasi/umpan balik). Kelayakan produk didapatkan dari hasil validasi multimedia dan uji coba. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif melalui instrument angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis rata-rata. Data kuantitatif diperoleh melalui analisis rata-rata persentase angket sesuai kategori validitas, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui komentar dan saran validator.

Hasil pengembangan produk termasuk dalam kriteria sangat layak dan dapat digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran matematika materi bangun ruang. Dari hasil validasi multimedia interaktif yang telah dilakukan, diperoleh hasil kevalidan dengan persentase 87,50%, kepraktisan 94,88%, kemenarikan 96,11%, dan keefektifan 89,83%.

 

Pengembangan produk multimedia interaktif pembelajaran matematika materi bangun ruang dikembangkan berdasarkan kebutuhan siswa kelas V SDN Kesatrian 1 Kota Malang. Multimedia interaktif pembelajaran ini dapat digunakan di tempat lain sebagai alternatif sumber belajar. Produk multimedia interaktif ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh peneliti selanjutnya, serta dijadikan bahan masukan dan pertimbangan dalam pengembangan multimedia pembelajaran yang sama.