DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Strategi REACT Berbantuan Media Manipulatif Matematis untuk Memahamkan Konsep Luas Daerah Segi Empat bagi Siswa Kelas VII2 di SMP Negeri 7 Kubung

NIKE KURNIA ILLAHI

Abstrak


ABSTRACT

 

Illahi, Nike Kurnia. 2016. Penerapan Strategi REACT Berbantuan Media Manipulatif  Matematis untuk Memahamkan Konsep Luas Daerah Segi Empat bagi Siswa Kelas VII2 di SMP Negeri 7 Kubung. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto, Ph. D, (II) Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M. Pd, M. A.

 

Kata kunci : Strategi REACT, Media Manipulatif, Pemahaman Konsep, Luas Daerah Segi Empat

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan strategi REACT berbantuan media manipulatif yang dapat memahamkan siswa mengenai materi luas daerah segi empat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII2 SMP Negeri 7 Kubung Kabupaten Solok Sumatera Barat karena siswa kelas VII2 masih sulit memahami konsep matematika dalam pelajaran sebelumnya. Perangkat dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini divalidasi ahli sebelum pelaksanaan penelitian ini.

Hasi tes akhir pada siklus II memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan peneliti. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdiri dari tiga tahapan belajar, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kegiatan awal terdiri dari pembentukan kelompok belajar, menjelaskan tujuan dari mempelajari luas daerah segi empat dan memberi motivasi siswa tentang manfaat belajar luas daerah segi empat. Kegiatan inti terdiri dari 1) Relating: memahamkan konsep luas daerah segi empat dengan mengaitkan pada kehidupan sehari-hari, 2) Experiencing: mengalami sendiri proses menemukan luas daerah segi empat, 3) Applying: menerapkan konsep luas daerah segi empat yang telah dipahami kedalam soal luas daerah segi empat, 4) Cooperating: bekerja secara berkelompok bersama kelompok belajar yang telah ditetapkan, dan 5) Transferring: mentrasfer pengetahuan yang dimilikinya ke dalam situasi baru untuk menyelesaikan masalah. Kegiatan akhir terdiri dari peneliti memberi respon terhadap jalannya diskusi dan pelaporan hasil kerja kelompok dan bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.

 

Hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan strategi REACT berbantuan media manipulatif matematis dapat memahamkan siswa materi luas daerah segi empat.