DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Kalor

Muhammad Sayyadi

Abstrak


ABSTRACT

 

Pengaruh Strategi Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Kalor

Sayyadi, Muhammad. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Kalor. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Prof. Dr. Arif      Hidayat, M. Si. (2) Dr. Muhardjito, MS.

Kata kunci :  guided inquiry, kalor, kemampuan pemecahan masalah, pemahaman konsep

Pembelajaran guided inquiry merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menghadapi pembelajaran di abad 21. Siswa dapat mentransfer informasi yang dimilikinya ke dalam menemukan konsep untuk memecahkan masalah. Pendekatan dengan guided inquiry mengajak siswa belajar lebih berorientasi pada bimbingan dan petunjuk dari guru hingga siswa dapat menemukan konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran guided inquiry terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika.

Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan posttest only control group design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 10 Malang yang terdiri dari 4 kelas. Subyek dipilih menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes pemahaman konsep fisika, tes kemampuan pemecahan masalah, dan instrumen perlakuan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), dan lembar observasi. Uji prasyarat normalitas data dan homogenitas varian dilakukan sebelum pengujian hipotesis. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas varian menggunakan uji Bartlet. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-t.

 

Hasil penelitian menunjukkan, (1) pemahaman konsep fisika siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran guided inquiry lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, (2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran guided inquiry lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini hendaknya pembelajaran guided inquiry dapat digunakan untuk membantu siswa memahami konsep dan masalah fisika serta membantu memecahkan masalah. Kepada peneliti lain disarankan untuk mengkaji aspek diluar kognitif seperti aspek aktivitas maupun motivasi. Perlu dikembangkan tes pemahaman konsep two-tier. Perlu diteliti hubungan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Untuk tes kemampuan pemecahan masalah sebaiknya menggunakan soal uraian yang bersifat terbuka untuk mencapai kemampuan C5-C6.