DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Open-ended untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Taman

Ahmad Bahrul Samsudin

Abstrak


ABSTRAK

 

Samsudin, Ahmad Bahrul. 2016.Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Open-ended untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Taman. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Gatot Muhsetyo, M.Sc (II)Drs. Tjang Daniel Chandra, M.Si., Ph.D

 

Kata Kunci           : lembar kerja siswa, open-ended, kreativitas

Penelitian pengembangan lembar kerja siswa dilakukan dalam rangka mengatasi permasalahan proses pembelajaran matematika yang kurang menekankan pada melatih kreativitas siswa. Latar belakang dilakukannya penelitian pengembangan lembar kerja siswa ini adalah karena rendahnya kreativitas siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Taman. Kesulitan yang mereka hadapi adalah guru tidak bisa melatihkan kreativitas dikarenakan tidak adanya perangkat pembelajaran yang melatihkan kreativitas. Lembar kerja siswa merupakan alat pembelajaran yang cocok untuk melatihkan soal-soal yang meningkatkan kreativitas. Perangkat pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini berupa Lembar Kerja Siswa (LKS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa matematika berbasis open-ended untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Taman yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian model pengembangan Plomp (2010) yang terdiri atas 3 fase yaitu: (i) Penelitian Awal (Preliminary Research), (ii) Fase Pengembangan (Prototyping Phase), dan (iii) Fase Penilaian (Assessment Phase). Pada penelitian awal (preliminary research) aktivitas yang dilakukan pada fase ini meliputi menganalisis kebutuhan dan konteks, meninjau literatur, mengembangkan kerangka konseptual dan teoritis untuk penelitian. Fase pengembangan (prototyping phase) pada fase ini aktivitas yang dilakukakan adalah merancang LKS beserta instrumen penelitian yang sesuai dengan tujuan meningkatkan kreativitas siswa. Fase penilaian (assessment phase) aktivitas yang dilakukan pada fase ini yaitu menentukan kevalidan produk yang dinilai oleh para ahli dan praktisi minimal berada dalam katagori valid, menentukan kepraktisan yang dinilai dari angket respons siswa, angket respons preaktisi dan keterlaksanaan RPP yang memiliki tingkat kepraktisan tinggi, selanjutnya keefektifan dinilai dari peningkatan kreativitas siswa yang sedang dan tinggi lebih dari 70%.

Hasil validasi perangkat yang dilakukan oleh dua validator mendapat nilai LKS sebesar 3,22; hasil kepraktisan perangkat didapat dari lembar penilaian keterlaksanaan RPP sebesar 3,59; angket respons praktisi sebesar 3,57;  serta angket respon siswa sebesar 3,55. Dari ketiga skor diperoleh rata-rata skor kepraktisan yaitu sebesar 3,57 artinya LKS memiliki kriteria kepraktisan tinggi. Hasil nilai tes kreativitas 1 dan 2 siswa menunjukkan LKS dapat meningkatkan kreativitas siswa sebesar 101,82 %, sedangkan siswa yang peningkatannya sedang dan tinggi sebesar 85,19 %. Dari hasil peningkatan tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS telah memenuhi kriteria efektif. Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa LKS memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Samsudin, Ahmad Bahrul. 2016. The Develompment of Student’s Worksheet Based on Open-ended Approarch to Enchance The Creativity of Seventh Grade Student In MTs Muhammadiyah 1 Taman. Thesis, Mathematics Education Graduate University of Malang. Supervisor: (I) Prof. Gatot Muhsetyo, M.Sc and (II) Drs. Tjang Daniel Candra, M.Si., Ph.D.

Keywords: student worksheet, open-ended, creativity

Research development of student worksheets done in order to address the problems of mathematics learning process less emphasis on training students' creativity. Background doing the research development of students' worksheets are due to lack of creativity students of class VII MTs Muhammadiyah 1 garden. Their difficulty is the teacher can not melatihkan creativity because there is no learning device that melatihkan creativity. Student worksheet is a learning tool that is suitable for melatihkan problems that increase creativity. Learning device in question in this study a Student Worksheet (LKS).

This research aims to develop students' math worksheets based on the open-ended to enhance the creativity of students of class VII MTs Muhammadiyah 1 Wildlife valid, practical, and effective. This study uses a study design development model Plomp (2010) which consists of three phases: (i) Preliminary study (Preliminary Research), (ii) Development Phase (Phase Prototyping), and (iii) Phase Assessment (Assessment Phase). At the beginning of the study (preliminary research) activities undertaken in this phase includes analyzing the needs and context, reviewing the literature, developing a conceptual and theoretical framework for the study. The development phase (prototyping phase) in this phase is to design activities that dilakukakan LKS along with appropriate research instruments with the aim of improving students' creativity. Phase assessment (assessment phase) the activity undertaken in this phase is to determine the validity of the products are rated by experts and practitioners of at least being in the category of valid, determine the practicality assessed from the questionnaire responses of students, the questionnaire responses preaktisi and enforceability of the lesson plan that has a high practicality, further assessed effectiveness of an increase in the creativity of students who are high and more than 70%.

The results of the validation performed by two validators got LKS of 3.22; the results obtained from the device practicality keterlaksanaan RPP assessment sheet amounted to 3.59; questionnaire responses practitioner of 3.57; as well as the student questionnaire responses by 3.55. Of the three scores obtained an average score of practicality in the amount of 3.57 means LKS has high practicality criteria. The results of tests of creativity 1 and 2 students showed LKS can enhance students' creativity by 101.82%, while the increase of students who were high and amounted to 85.19%. From the result of the increase can be concluded that the BLM has met the criteria effectively. From the above presentation can be concluded that the LKS valid criteria, practical, and effective.