DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Proses Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Marzano Ditinjau dari Tipe Kepribadian

KHARISMA DISTI WINSAPUTRI

Abstrak


ABSTRACT

 

Winsaputri, Kharisma Disti. 2016. Proses Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Marzano Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Akbar Sutawidjaja, Ph.D. (2) Dr. Abdur Rahman As’ari, M.Pd, MA.

 

Kata kunci: proses berpikir, taksonomi Marzano, tipe kepribadian introvert, tipe kepribadian ekstrovert.

Hasil observasi dan uji pendahuluan pada SMPN 1 Ngantang  menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan masalah aritmetika sosial. Kebanyakan terjadi kesalahan ketika menentukan persentase untung atau rugi. Setiap siswa mempunyai respon dan karakter yang berbeda ketika dihadapkan pada soal. Hal ini perlu menjadi perhatian guru agar tidak terjadi salah tafsir, bahwa siswa dirasa sudah mampu dalam pelajaran matematika hanya karena dapat menyelesaikan masalah matematika dan memberikan jawaban yang benar tanpa memperhatikan proses berpikirnya.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses berpikir siswa dengan tipe kepribadian introvert dan siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert berdasarkan  taksonomi Marzano. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tahap pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu (i) memilih 3 siswa bertipe kepribadian introvert (SI 1, SI 2, dan SI 3) serta 2 siswa bertipe kepribadian ekstrovert  (SE 1dan SE 2) menggunakan instrumen tes tipe kepribadian, (ii) memberikan tes kemampuan menyelesaikan masalah matematika yaitu 4 masalah yaang berkaitan dengan aritmetika sosial yang merupakan masalah untung atau rugi dan masalah bunga bank, dan (iii) melakukan wawancara berdasarkan jawaban yang diberikan subjek penelitian pada saat tes kemampuan menyelesaikan masalah.  Data dalam penelitian ini adalah data tentang proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah dan hasil wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir siswa berdasarkan taksonomi Marzano, proses berpikir siswa SI 1  mencapai level analysis knowledge yaitu SI 1 dapat mengolah informasi yang relevan namun tidak dapat menentukan hasil akhir selesaian dengan tepat dan SI 2 dan SI 3 mencapai level using knowledge yaitu dapat mengolah informasi yang relevan untuk menyelesaikan soal dan dapat menentukan hasil akhir dengan tepat. Lebih lanjut, SE 1 dan SE 2 mencapai level comprehension knowledge, yaitu tidak dapat mengolah informasi dengan tepat dan juga tidak dapat menentukan hasil akhir dengan tepat.