DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Model Diamond dan Panduan Pembelajaran untuk Program Pembinaan Karang Taruna

Yunita Anggraeni

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraeni, Yunita. 2016. Model Solusi dan Panduan Pembelajaran untuk Program Pembinaan Karang Taruna. Tesis. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sanapiah Faisal, (II) Dr. Endang Sri Redjeki M.S

 

Kata kunci: Model diamond, panduan, pembelajaran transfoermatif, karang taruna

Karang Taruna merupakan organisasi kepemudaan yang cukup tua. Dalam perkembangannya, Karang Taruna mengalami 3 fase, yaitu fase pembentukan, fase kejayaan, dan saat ini sedang berada pada fase kefakuman. Fakumnya Karang Taruna terjadi karena permasalahan mindset yaitu kegiatan karang taruna tidak bermanfaat dan membuang waktu. Permasalahan pembinaan adalah pembinaan cenderung bersifat insidental ketika peringatan hari besar nasional atau keagamaan. Diperlukan solusi untuk  mengatasi masalah tersebut. Pembelajaran transformatif, Pedagogi Sosial, dan Andragogi merupakan kajian teori pembelajaran yang sangat relevan untuk menghasilkan sebuah model solusi.

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah membuat model pembelajaran transformatif untuk program pembinaan Karang Taruna. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall (1979). Model pembelajaran yang dibuat mengacu pada Model Diamond yang dikembangkan oleh Eichsteller & Holthoff.yang meliputi Sejahtera dan Bahagia (Well-Being & Happiness), Hubungan yang baik (Relationship), Belajar Holistik (Holistic Learning), Pemberdayaan (Empowerment) yang akan menghasilkan pengalaman yang positif. Hasil penelitian dan pengembangan model pembelajaran transformatif ini adalah (1) model solusi pembelajaran transformatif efektif di ujicobakan di karang taruna Kelurahan Dinoyo. Terbukti dengan adanya terbentuknya program yang berjalan yaitu bimbingan belajar keliling, kegiatan ini memberikan dampak pada partisipan karang taruna untuk berkilau dan bermanfaat bagi dirinya untuk memberikan pengalaman positif, bagi organisasinya bahwa karang taruna merupakan wadah yang cocok untuk mengembangkan diri, (2) model pembelajaran dan panduan implementasi yang dihasilkan berisikan kisi-kisi pada panduan umum.

Saran pemanfaatan model solusi dan panduan ini adalah (1) Pembina diharapkan mengikuti dan membaca petunjuk yang ada dalam panduan implementasi dengan seksama; (2) Merancang kegiatan berdasarkan keadaan organisasi sehingga akan efektif; (3) Membaca buku-buku atau sumber belajar lain

Saran desiminasinya adalah (1) Produk pengembangan, model solusi dan panduan pembelajaran transformatif untuk program pembinaan karang taruna dalam penyebaran produk pengembangan harus tetap memperhatikan dan memperhitungkan keadaan organisasi karang taruna sehingga penyebaran produk tidak sia-sia; (2) Dilakukan terlebih dahulu uji lapangan pada skala yang lebih luas lagi; (3) Dikembangkan model dan panduan implementasi pembelajaran transformatif, disertai dengan contoh permasalahan; (4) Lebih menggunakan pilihan bahasa dan pilihan kata yang jelas, dan mudah dipahami.