DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keterbacaan Buku Teks Kelas IV dan V SD dalam Kurikulum 2013

Zuni Humairoh

Abstrak


ABSTRAK

 

Humairoh, Zuni. 2013. Keterbacaan Buku Teks Kelas IV dan V SD dalam Kurikulum 2013. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nurchasanah, M.Pd (II) Dr. Alif Mudiono, M.Pd

 

 Kata Kunci: Keterbacaan, Keterbacaan, Buku Teks, Kelas IV dan V SD.

Salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan minat membaca adalah pengadaan buku. Buku yang mempunyai tingkat keterbacaan yang sesuai dengan sasaran pembaca sangat cocok untuk meningkatkan minat membaca. Buku yang terlalu sulit menimbulkan frustasi, demikian juga sebaliknya karena keterbacaan merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi pemahaman. Oleh karena itu keterbacaan syarat yang harus diperhatikan dalam bahan pengajaran. Berdasarkan latar belakang itulah penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh diskripsi (a) keterbacaan isi teks dilihat dari segi pemahaman siswa kelas IV SD dengan menggunakan tes cloze dan (b) keterbacaan isi teks dilihat dari segi pemahaman siswa kelas V SD dengan menggunakan tes cloze.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu berupa teks yang berjumlah 52 teks di buku Kurikulum 2013 pada kelas IV dan kelas V mulai dari semester 1 sampai semester 2 sampel penelitiannya yaitu berupa teks yang berjumlah 20 teks  dari kelas IV sampai V. Data yang digunakan untuk menjawab semua permasalahan ini berupa skor dari tes cloze yang dirumpangkan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap buku teks. Sumber data dalam penelitian ini yaitu teks yang panjang teksnya berkisar 150-250 kata. Instrumen yang digunakan berupa teks yang dirumpangkan sebagian katanya dengan kata ke-n yaitu kata ke-6.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis data pada kelas IV dan V mulai dari semester 1 sampai semester 2 adalah sebagai berikut. Bahwa dari masing-masing tema yang ada di buku teks Kurikulum 2013 tersebut berada pada tingkat independen atau mudah dipahami oleh siswa karena persentase skor yang diperoleh siswa di atas 60%.  

Buku teks Kurikulum 2013 kelas IV dan V ini memiliki tingkat keterbacaan pada kategori independen atau mudah dipahami oleh siswa. Kategori ini menunjukkan bahwa buku teks tersebut dapat digunakan siswa secara mandiri dalam proses belajar. Siswa yang mendapatkan skor di atas 60% lebih banyak daripaada tingkat instruksional dan frustasi. Hal ini dikarenakan persentase ketepatan isian siswa menunjukkan cukup banyak yang tepat atau sesuai dengan konteksnya, akan tetapi ada beberapa siswa yang skornya termasuk dalam kategori frustrasi atau gagal skornya sama dengan atau kurang dari 40%. Meskipun demikian buku teks Kurikulum 2013 yang digunakan di SD Jombatan 4 Jombang baik untuk digunakan sebagai sumber belajar.

Saran dari penelitian ini yaitu, diketahui bahwa buku teks Kurikulum 2013 pada kelas IV dan V SD memiliki keterbacaan yang tinggi atau mudah dipahami oleh siswa, Ini berarti teks tersebut sesuai bagi siswa namun perlu bimbingan guru untuk memahaminya terlebih pada siswa yang termasuk dalam kategori frustasi atau gagal.