DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 Digital Berbasis Web Di SMK Widyagama Malang

Purnomo Hadi Susilo

Abstrak


ABSTRAK

 

Susilo, Purnomo Hadi. 2016. Pengembangan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 Digital Berbasis Web Di SMK Widyagama Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan, Program Pascasarjan Universitas Negeri Malang. Pembimbing; (I) Dr. Tuwoso, M.P., (II) Aisyah Larasati, S.T., M.T., MIM., Ph.D.

 

Kata kunci : Sistem, Manajemen Mutu, ISO, Digital, Web.

ISO memiliki beberapa  standar yang harus dipenuhi oleh lembaga pendidikan yang mengadopsi sistem manajemen ini, diantaranya adalah pengendalian dokumen serta pendistri­busi­annya kepada semua pelaku mana­jemen. Kendala yang sering terjadi pada saat pendistribusian doku­men sering kali tidak terlaksana dengan baik dikarenakan membutuhkan proses yang sangat panjang dan membutuhkan waktu yang relatif lama jika dilakukan secara konvensional. Belum lagi saat adanya revisi dokumen, sebelum diadakan­nya proses pendistribusian dokumen maka pelaku manajemen harus memulai dari proses persetujuan dokumen yang akan didistribusikan. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan mengubah manajemen konvensional menjadi manajemen digital dengan memanfaatkan teknologi informasi yang mampu medistribusikan infornasi secara cepat, akurat dan realtime.

Langkah-langkah penelitian  dan pengem­bangan yang digunakan yaitu: (1) mengidentifikasi kebutuhan; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) validasi produk; (7) revisi produk; (8) uji lapangan; (9) revisi produk. Subjek coba pada penelitian ini yaitu seluruh guru yang menjabat sebagai pelaku manajemen yang terdiri dari 12 departemen. Penelitian ini terdiri dari dua data, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang telah dikembangkan sangat efektifitas dan efisiensi saat digunakan oleh guru yang menjabat sebagai pelaku manajemen ISO, serta dapat digunakan sebagai solusi untuk menuju manajemen mutu ISO yang lebih handal di era digitalisasi. Hal ini dibuktikan dari hasil ujicoba dilapangan yang menunjukkan bahwa para pelaku manajemen merasa puas dan dimudahkan dengan memberikan nilai sebesar 97,92% saat menggunakan produk yang telah dikembangkan.