DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Penyakit Tropis terhadap Literasi Kesehatan, Kecakapan Hidup, dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI MIA di Kabupaten Malang

Tutut Indria Permana

Abstrak


ABSTRAK

 

Permana, Tutut Indria. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Penyakit Tropis terhadap Literasi Kesehatan, Kecakapan Hidup, dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI MIA di Kabupaten Malang.  Tesis, Jurusan Pendidikan  Biologi,  Program  Pascasarjana  Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hadi Suwono, M.Si., (II) Dra. Dwi Listyorini, M.Si., D.Sc.

 

Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis masalah penyakit tropis, literasi kesehatan, literasi kesehatan siswa, kecakapan hidup siswa, hasil belajar siswa.

Pendidikan berkembang secara dinamis mengikuti perubahan jaman. Siswa masa kini membutuhkan pengetahuan yang luas untuk menghadapi tantangan perubahan jaman tersebut yang salah satunya adalah masalah kesehatan masyarakat, sehingga literasi kesehatan menjadi salah satu prioritas yang perlu dikembangkan. Tingkat kesehatan masyarakat Indonesia masih sangat rendah (OECD, 2014) yang diduga sebagai pengaruh pendidikan yang belum menyentuh ranah literasi kesehatan. Hasil survey terhadap 120 siswa SMA kelas XI MIA pada 6 SMA Negeri di Kabupaten Malang  juga  menunjukkan bahwa literasi kesehatan siswa masih rendah. Tingkat literasi kesehatan  yang berkaitan dengan kecakapan hidup individu perlu diperbaiki melalui pendidikan di sekolah dengan mengintegrasikan aktivitas membaca,  menulis, menafsirkan dan menggunakan informasi kesehatan, seperti masalah penyakit tropis. Indonesia merupakan negara tropis yang berisiko tinggi terhadap masalah penyakit tropis.  Masalah yang berkaitan dengan penyakit tropis ini adalah kondisi autentik yang dapat dijadikan media pada proses pembelajaran.  Berkaitan dengan hal ini, perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui   pengaruh  pembelajaran berbasis masalah penyakit tropis terhadap literasi kesehatan, kecakapan hidup, dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Kepanjen, 35 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini berupa soal pretes-postes dan  lembar observasi. Literasi kesehatan, kecakapan hidup dan kemampuan kognitif siswa dianalisis menggunakan anakova. Kemampuan afektif dan psikomotor siswa dianalisis menggunakan uji t.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah penyakit tropis secara signifikan meningkatkan literasi  kesehatan,  kecakapan hidup, kemampuan kognitif dan afektif siswa, tidak signifikan berpengaruh terhadap psikomotor siswa. Peningkatan literasi kesehatan, kecakapan hidup, kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai berturut-turut 48,87%, 25,58%, 22,90%. Strategi pembelajaran berbasis masalah penyakit tropis ini sebaiknya dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan.