DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Diagram Alir Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas X Pada Materi Fluida Statis

Vinda Nur Fitriana

Abstrak


ABSTRAK

 

Nur Fitriana, Vinda. 2016. Pengaruh Diagram Alir Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas X Pada Materi Fluida Statis. Tesis, Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Parno, M.Si, (II) Dr. Wartono, M.Pd.

 

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, diagram alir, keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains.

Pembelajaran fisika membantu siswa dalam memperoleh kemampuan menggunakan pengetahuan dasar untuk memecahkan masalah. Upaya siswa dalam mempelajari fisika mengalami hambatan. Hambatan yang terjadi adalah siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari fluida statis. Pembelajaran yang mampu mengatasi permasalahan ini adalah pembelajaran inkuiri terbimbing dengan diagram alir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains siswa yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan diagram alir, pembelajaran inkuiri terbimbing, dan pembelajaran konvensional.

Jenis penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen. Sampel terdiri dari 3 kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Jumlah responden 96 siswa dibagi menjadi tiga kelas, yaitu kelas eksperimen pertama menggunakan pembelajaran inkuri terbimbing dengan diagram alir, kelas eksperimen kedua menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing, dan kelas ketiga sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data keterampilan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains diukur dengan instrumen keterampilan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains. Teknik analisis data yang digunakan adalah one way manova. Uji lanjut dengan uji Tukey digunakan untuk mengetahui perbedaan dari 3 perlakuan secara signifikan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan diagram alir lebih tinggi dibanding siswa yang belajar menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional. Bagi guru yang ingin melakukan pembelajaran inkuri terbimbing dengan diagram alir hendaknya dilaksanakan pada pokok bahasan yang terdapat kegiatan eksperimen dan sebelumnya guru telah melatihkan cara membuat diagram alir.