DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPA SEMESTER II KELAS VII SMP

Christiana Takarini

Abstrak


Abstract:Interactive multimedia is a learning material for teachers, it enables them to be facilitators in line with the need of the young people today. Through interactive multimedia students will be able to interact using the media provided by the teacher so that the learning can be more interesting, the students will be more motivated and the mistakes in concepts in learning can be prevented.The purposes of this development is  to produce interactive multimedia to learn Biology for the seventh grade students of Mater Dei junior high school, This research used Lee & Owens model.The results of the research show that the outcome from the media experts was 93,4%, from the material experts was 90,4%, with a strong validity. From the test it was found that the effectiveness of the cognitive test was 78,3% with enough criteria, and the attractiveness of the learning was 83,7 % with an interesting criteria. These results indicate that the multimedia used is valid and effective be used in the class.

Keywords: media development, learning multimedia, natural sciences

 

Abstrak:Multimedia interaktif merupakan materi pembelajaran bagi guru yang memungkinkan guru menjadi fasilitator pembelajaran sesuai dengan perkembangan kebutuhan anak muda jaman sekarang. Melalui multimedia interaktif siswa bisa berinteraksi dengan media yang disediakan oleh guru sehingga pembelajaran lebih menarik, siswa termotivasi dalam belajar dan bisa menghindari kesalahan konsep dalam belajar.Tujuan pengembangan ini adalah: menghasilkan produk multimedia interaktif pembelajaran Biologi Kelas VII  di SMPK Mater Dei Probolinggo semester 2 .Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Lee & Owens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh dari ahli media sebesar 93,4%, ahli materi sebesar 90,4% dengan kriteria sangat valid. Dari hasil uji coba dapat diperoleh keefektifan dari hasil tes kognitif mencapai 78,3% dengan kriteria cukup, dan kemenarikan mencapai 83,7% dengan kriteria menarik. Ini menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak untuk digunakan didalam kelas.

Kata kunci: pengembangan media, multimedia pembelajaran, IPA.