DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Filogeni Ikan Endemik Giuris margaritacea di Danau Limboto dengan Gen Cyt B dan Pengembangannya Sebagai Buku Ajar Mata Kuliah Teknik Analisis Biologi Molekuler Jurusan Biologi Universitas Negeri Gorontalo

Restu Megadiana Sukoco

Abstrak


ABSTRAK

 

Penurunan populasi Giuris margaritacea ikan endemik di Danau Limboto disebabkan oleh banyak faktor, antara lain kerusakan habitat dan eksploitasi besar-besaran yang terjadi selama beberapa tahun. Salah satu upaya konservasi terhadap populasi Giuris margaritacea dapat dilakukan dengan kajian analisis filogeni berbasis sekuen gen cytochrome b mitokondria. Kurangnya informasi mengenai sekuen gen spesies Giuris margaritacea melandasi dilaksanakannya penelitian tentang kajian filogeni Giuris margaritacea Ikan Endemik di Danau Limboto berbasis keragaman sekuen gen cytochrome b. Prosedur dasar biologi molekular meliputi isolasi DNA, sekuensing dan analisis filogeni akan dipelajari pada mata kuliah Teknik Analisis Biologi Molekuler (TABM). Berdasarkan hasil analisis kebutuhan terhadap penerapan mata kuliah TABM di Jurusan Biologi Universitas Negeri Gorontalo, diperoleh fakta bahwa mata kuliah TABM akan segera diterapkan dengan beberapa kendala yaitu kurangnya fasilitas laboratorium yang memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengonstruksi pohon filogenetik berdasarkan gen cytochrome b ikan endemik Giuris margaritacea serta menguji kelayakan buku ajar TABM yang dikembangkan berdasarkan penelitian analisis filogeni ikan endemik Giuris margaritacea.

Metode penelitian tentang analisis filogeni merupakan jenis penelitian deskriptif eksploratif laboratoris. Sampel ikan endemik Giuris margaritacea berasal dari Danau Limboto, Gorontalo. Metode penelitian pengembangan buku ajar merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall (1983). Pengembangan isi materi pada produk buku ajar berdasarkan pada data dan prosedur penelitian analisis filogeni yang telah dilakukan.

Hasil analisis data filogeni yang diperoleh menunjukkan bahwa antar spesies Giuris margaritacea yang digunakan dalam penelitian ini memiliki hubungan kekerabatan yang dekat yang ditunjukkan pada hasil konstruksi pohon filogeni. Nilai jarak genetik antar sampel ikan endemik Giuris margaritacea adalah 0,251, dengan persentase similaritas sebesar 74,8% dan persentase varian sebesar 25,1.  Hasil uji validasi produk buku ajar dari ahli media, ahli materi dan dosen praktisi secara berurutan adalah 93%, 92% dan 89,2%, sedangkan hasil uji keterbacaan pada kelompok kecil adalah 87%. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil analisis filogeni antar ikan endemik Giuris margaritacea memiliki hubungan kekerabatan yang dekat karena similaritas yang tinggi dan variasi yang rendah dan produk buku ajar yang dihasilkan tergolong dalam kategori valid dan layak untuk dikembangkan lebih lanjut.