DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cooperative Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Siswa SMK Program Keahlian Teknik Ototronik Se-Kota Malang

Isa Muhammad Said

Abstrak


ABSTRAK

 

Said, IsaMuhammad. 2016. PengembanganBahan Ajar BerbasisCooperative LearningdenganPendekatanSaintifikuntukSiswa SMK Program KeahlianTeknikOtotronik Se-Kota Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Kejuruan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eddy Sutadji, M.Pd., (II) Dr. R. Machmud Sugandi, M.T.

 

Keywords: bahan ajar, cooperativelearning, pendekatansaintifik.

Model pembelajaran berdasar atas Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum yang ditetapkan pemerintah, secara tersirat dan tersurat ialah sebagaimana seperti yang tersaji dalam Permendikbud No. 70 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum yaitu mengisyaratkan model pembelajaran yang bernafaskan konstruktivisme, model pembelajaran bernafaskan konstruktivisme mengacu pada pembelajaran kooperatif yang implementasinya bisa menggunakan berbagai pendetakan yang berbeda-beda salah satu contohnya pendekatan saintifik. Implementasi pembelajaran kooperatif maupun pembelajaran berpendekatan saintifik masih banyak menjumpai kendala, khususnya pada guru Pendidikan Menengah, fenomena tersebut terjadi karena masih banyak guru yang belum bisa mengubah pola pikir pembelajaran dari kurikulum lama ke K13 dan belum tersedia bahan ajar yang mendukung pembelajaran kooperatif dan pembelajaran dengan pendekatan saintifik.

Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam proses penyelenggaraan pendidikan khususnya penyelenggaraan pendidikan teknik dan kejuruan di Indonesia. Tanpa memiliki bahan ajar, seorang guru tidak dapat mentransfer ilmunya secara efektif dan efisien. Bahan ajar merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran yang memegang peranan penting dalam membantu siswa mencapai hasil belajar. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk bahan ajar untuk mendukung pembelajaran kooperatif berpendekatan saintifik serta meneliti bagaimana pengaruhnya dalam proses pembelajaran praktikum di SMK pada program keahlian teknik ototronik se-kota Malang. Produk penelitian dan pengembangan pembelajaran ini berupaya membantu guru SMK khususnya bidang studi keahlian teknik ototronik dalam mengimplementasikan K13. Dalam membuat produk pembelajaran, peneliti menggunakan tahap-tahap penelitian dan pengembangan Borg & Gall, sedangkan untuk meneliti pengaruhnya peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen.

Sampel yang digunakan adalah 66 siswa kelas XI, yang terdiri atas 37 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 29 siswa sebagai kelompok kontrol. Tahap validasi produk dilaksanakan oleh 7 orang dosen Teknik Mesin Universitas Negeri Malang, 2 orang guru SMKN 6 Malang dan SMKN 10 Malang serta 25 orang siswa SMKN 6 dan SMKN 10 Malang. Pengujian produk dilakukan oleh beberapa ahli yang terdiri atas ahli isi materi, ahli perancangan pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan uji coba kelompok kecil. Berdasarkan pengujian produk diperoleh data dari ahli-ahli tersebut bahwa produk pembelajaran yang dikembangkan berada pada level valid dan layak digunakan sebagai produk pembelajaran sedangkan dalam pengujian pengaruh penggunaan produk dalam pembelajaran oleh siswa diperoleh data bahwa produk yang dikembangkan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan efektif untuk digunakan.