DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelatihan Tenun Ikat di Rumah Pintar Sonaf Soet Hinef (Analisis Dampak Pelatihan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Perempuan Penenun)

Samrid Neonufa

Abstrak


ABSTRAK

 

Neonufa. Samrid|, 2016. Pelatihan Tenun Ikat Di Rumah Pintar Sonaf Soet Hinef (Analisis Dampak Pelatihan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Perempuan Penenun) Tesis, Program Studi pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Hardika M.Pd. (II) Dr. Zulkarnain Nasution M.Pd., M.Si

 

Kata Kunci : Dampak pelatihan, rumah pintar, tenun ikat NTT

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Rumah Pintar Sonaf Soet Hinef melaksanakan pelatihan tenun ikat untuk meningkatkan kualitas kain tenun sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. Pelatihan tenun ikat sudah di laksanakan dari bulanAgustus-September pada tahun 2014. Awalnya dalam pelatihan tenun ikat ini dibentuk dua kelompok yaitu kelompok desa vokasi dan kelompok pengembangan kewirausahaan masyarakat. Namun sampai sekarang hanya kelompok desa vokasi yang masih berjalan dan merasakan dampak pelatihan tenun ikat sedangkan kelompok Pengembangan kewirausahaan masyarakat tidak berjalan lagi.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pelatihan tenun ikat dan menganalisis dampak pelatihan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga perempuan penenun. Untuk menjawab permasalahan diatas, maka penelitian ini dirancang menggunankan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti ini berperan sebagai instrumen kunci (utama) selama pengumpulan data. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik (1) Obeservasi, (2) Wawancara dan (3) Dokumentasi.

Hasil yang dicapai dalam penulisan ini adalahproses pelaksanaan pelatihan tenun ikat yaitu (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan dan (3)tahap evaluasi. Pelatihan  tenun ikat di Rumah Pintar Sonaf Soet Hinef dilaksanakan menggunakan pendekatan andragogi dengan teknik demonstrasi dan praktek langsung ini menekankan pada pemberian pengetahuan dan keterampilan menenun yang baik dengan menggunakan bahan baik yang tahan lama sehingga dapat meningkatkan kualitas kain tenun.

Berhubungan dengan dampak pelatihan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga yaituuntuk dampak pelatihan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi ini berkaitan dengan penghasilan/pendapatan peserta pelatihan dengan adanya peningkatan penghasilan sudah bisa untuk membantu suami memenuhi kebutuhan keluarga. Dengan adanya penghargaan dan dukungan sosial dari keluarga semakin membuat peserta pelatihan semakin percaya diri dan semangat untuk terus menenun. sedangkan dampak pelatihan dalam meningkatkan kesejahteraan psikologi untuk kondisi suasana hati peserta pelatihan merasa dengan menenun akan menenangkan hati dan membuat peserta pelatihan melupakan masalah yang dihadapi dan menghilangkan stress yang dialami. Untuk kepuasan diri peserta pelatihan merasa puas karena dengan pelatihan ini dapat membantu mereka menjawab masalah mereka mengenai tenun mereka. Sedangkan untuk arti hidup peserta pelatihan menyatakan bahwa aktifitas dan kegiatan menenun ini sudah menjadi mata pencaharian pokok dan sudah menjadi hidup mereka sehingga jika sehari saja tidak menenun seperti ada yang kurang.