DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual Subtema Alam Sekitar untuk Siswa Kelas II SD.

Ari Metalin Ika Puspita

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspita, Ari Metalin Ika. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual Subtema Alam Sekitar untuk Siswa Kelas II SD. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW, M.A, M.Si, (2) Dr. Muakibatul Hasanah, M.Pd.

 

Kata Kunci: Bahan ajar, pembelajaran tematik, berbasis kontekstual

Permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran yaitu kebutuhan akan bahan ajar penunjang yang disesuaikan dengan lingkungan sekitar siswa. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan ditemukan beberapa permasalahan mengenai penggunaan bahan ajar: ketersediaan bahan ajar tematik dari  pemerintah sudah tercukupi, namun muatan materi belum sesuai kompetensi dasar yang ditentukan serta tampilan dan isi bahan ajar kurang menarik siswa. Dampak dari penggunaan bahan ajar yang belum memenuhi kebutuhan siswa adalah aktivitas dan hasil hasil belajar siswa belum sesuai dengan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan. Tujuan penelitian dan pengembangan yaitu menghasilkan bahan ajar penunjang yang memiliki kriteria valid dari aspek isi, desain dan, efektif digunakan di dalam pembelajaran.

Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model penelitian dan pengembangan (Research and Development) Borg and Gall yang meliputi study pendahuluan yang terdiri dari kajian teori dan studi lapangan yang berasal dari pengamatan aktivitas belajar siswa dan wawancara dengan guru, analisis silabus dan kompetensi dasar serta buku guru dan buku siswa, selanjutnya pengembangan draf awal produk dengan membuat peta kompetensi dasar dan indikator yang disesuaikan dengan lingkungan sekitar siswa. Uji ahli meliputi ahli tematik, ahli media, dan ahli IPS, uji kelompok kecil pada 10 siswa, uji lapangan, dan penyempurnaan akhir produk sesuai  saran dan komentar pada saat uji coba produk.

Bahan ajar tematik berbasis kontekstual yang dikembangkan berdasarkan kondisi kabupaten Tulungagung yaitu dari segi ekonomi, geografis, sumber daya alam, budaya, dan kehidupan sosial. Desain bahan ajar disesuaikan dengan lingkungan siswa, serta muatan materi berisi tentang kehidupan sosial siswa, yang ditemu siswa sehari-hari..

Jenis data yang didapat dari uji coba produk yaitu data kuantitatif dan Kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket ahli, angket respon  guru, angket respon siswa, dan lembar evaluasi.

Hasil analisis data terhadap uji coba produk, sebagai berikut: aspek isi, penilaian produk aspek isi dilakukan oleh ahli pembelajaran tematik dan IPS yaitu 89,63 % dan 84,75 % dan penilaian praktisi 94,98 %. Aspek penilaian desain oleh ahli media memberikan penilaian 73,33 % dan angket respon siswa 89,15 %.

Pada akhir subtema dilakukan evaluasi terhadap penggunaan bahan ajar yang dikembangkan. Penilaian dilihat dari aktivitas dan hasil belajar siswa. Uji keefektifan bahan ajar menggunakan uji non parametric wilcoxon signed rank test karena data tidak berdistribusi normal. Skor uji keefektifan produk berdasarkan aktivitas dan hasil belajar diperoleh nilai signifikansi 0,000 (