DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Peluang pada Siswa Kelas X–R1 SMK Telkom Malang

Lely Grace Damayani Hutahaean

Abstrak


ABSTRAK

 

Hutahaean, L. G. D. 2016. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Peluang pada Siswa Kelas X–R1 SMK Telkom Malang. Tesis, Program Studi Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Akbar Sutawidjaja, M.Pd, (II)Dr. Hery Susanto, M.Si.

 

Kata Kunci : Think Pair Share, Soal Cerita, Peluang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran Think Pair Share (TPS) yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika tentang materi peluang pada kelas X–R1 SMK Telkom Malang. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instumen penelitian yang digunakan: a) instrumen utama, yaitu peneliti karena peneliti yang bertugas mulai dari merencanakan sampai tahap penyusunan laporan, b) instrumen penunjang, yaitu  hasil tes, hasil kuis, hasil lembar aktivitas siswa dan guru, dan wawancara. Materi yang diajarkan adalah peluang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran TPS dapat meningkatkan siswa dalam menyelesaikan soal cerita peluang. Pada siklus pertama hasil observasi aktivitas siswa berada pada kategori cukup baik sehingga hasil ini belum tergolong dalam indikator yang telah ditetapkan. Hasil ketuntasan klasikal yang diperoleh bahwa siswa yang tuntas hanya 60%  dari banyak siswa keseluruhan sehingga belum mencapai kriteria keberhasilan. Kemudian ditemukan bahwa hasil pengerjaan siswa dalam kuis dan tes 1 masih belum memenuhi kriteria penyelesaian soal cerita. Setelah itu, diadakan perbaikan pembelajaran pada siklus 2. Beberapa hal yang diperbaiki pada siklus ke 2 adalah memperbaiki instrumen LKS, lebih memperhatikan kegiatan siswa pada tiap tahapnya sehingga mereka terlibat aktif saat pembelajaran berlangsung. Hasil observasi kegiatan guru dan siswa yang diperoleh pada siklus ke–2 adalah kriteria baik. Hal ini berdampak pada peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita peluang. Hasil ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa adalah 80%.

Adapun langkah–langkah dalam pembelajaran dalam penelitian ini, yaitu: a) Think , yaitu guru memberikan permasalahan yang berkaitan dengan materi kejadian A dan  ruang sampel S, serta peluang kejadian majemuk kemudian diselesaikan oleh siswa secara individu, b) Pair, yaitu guru meminta siswa untuk duduk secara berkelompok untuk menyelesaikan permasalahan tentang kejadian A dan  ruang sampel S serta peluang kejadian majemuk, c) Share,  yaitu beberapa kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas yang berkaitan dengan materi kejadian A dan  ruang sampel S serta peluang kejadian majemuk. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh bahwa penerapan pembelajaran TPS dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita peluang siswa kelas X–R1 SMK Telkom Malang.