DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Manipulatif untuk Memahamkan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII

GUSLAINI

Abstrak


ABSTRAK

 

Guslaini, 2016. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Manipulatif  untuk Memahamkan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII.Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing; Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc. (2) Dr. Makbul Muksar. M.Si

 

Kata Kunci: pembelajaran inkuiri, media manipulatif, pemahaman konsep

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan media manipulatif untuk memahamkan sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dikumpulkan antara lain berasal dari : 1) hasil observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung, 2) tes hasil belajar, 3) catatan lapangan.

Langkah-langkah pembelajaran inkuiri berbantuan media manipulatif pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) yang dapat memahamkan konsep matematika siswa yaitu 1) Orientasi, guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, memberikan  materi prasyarat  untuk membangkitkan pengetahuan siswa sebelumnya yang dimiliki,pembentukan kelompok  2) merumuskan masalah, guru menyajikan maslaah yang tertuang didalam LKS, meminta siswa mengidentifikasi data-data dan informasi yang ditemukan pada permasalahan yang disajikan, 3) membuat dugaan, meminta siswa menuliskan data-data dan informasi yang ditemukan pada permasalahan yang disajikan untuk dibutuhkan dalam membuat dugaan sementara, 4) menguji dugaan, menguji dan mengecek kembali kebenaran dugaan yang dibuat dari data-data dan informasi yang ditemukan pada masalah yang disajikan agar tidak ada yang keliru dalam proses membuat penyelesaian masalah,  5) menyajikan hasil, siswa berkomunikasi satu dengan yang lainnya didalam kelompok untuk menyajikan hasil berdasarkan kesepakatan agar langkah-langkah jawaban yang dituliskan lebih tersistematis, selanjutnya dipresentasikan didepan kelas, dan 6) refleksi, kegiatan pembelajaran pada tahap akhir pengambilan kesimpulan dilakukan oleh guru dan siswa. menarik kesimpulan adalah proses mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian dugaan.

Berdasarkan hasil observasi siklus I menunjukkan persentasi aktivitas guru adalah  96,21% dan aktivitas siswa 90,91% masing-masing berada pada kategori sangat sesuai dan persentase hasil tes akhir belajar adalah 25% atau 5 siswa yang tuntas dalam mengerjakan soal tes. Hasil observasi siklus II menunjukkan persentase aktivitas guru mencapai 98% dan aktivitas siswa mencapai 95% masing-masing pada kategori sangat sesuai dan persentasi hasil tes akhir belajar siswa mengalami kemajuan mencapai 80% atau 16 siswa yang tuntas dalam mengerjakan soal tes berdasarkan kriteria keberhasilan yang ditetapkan sebesar 75% dari seluruh siswa memperoleh nilai ≥70.  Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas VIII SMPN 4 GAS yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempua