DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP Kelas VIII Pada Pembelajaran Level of Inquiry Tingkat Inquiry Lesson.

Yeni Hariningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Level of inquiry (Loi) salah satu model pembelajaran yang menggunakan pendekatan inkuiri yang bersifat hirarki. Pembelajaran model level of inquiry dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara bertahap. Peningkatan pengalaman intelektual peserta didik dam proses pembelajaran pada level of inquiry dimulai dari level discovery learning sampai dengan level hypothetical inquiry, semakin tinggi level yang dicapai semakin tinggi pula pengalaman intelektual yang didapat peserta didik. Penelitian in bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran model level of inquiry.

Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) dengan desain embedded. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMPN 1 Srengat dengan jumlah peserta didik 36 orang. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini terdiri dari instrumen pembelajaran dan instrumen pengukuran. Instrumen pembelajaran meliputi Silabus dan RPP. Instrumen pengukuran terdiri dari tes kemampuan aspek pengetahuan, lembar observasi aspek sikap, lembar observasi aspek keterampilan, lembar angket respon peserta didik terhadap pembelajaran, dan pedoman wawancara. Data penelitian terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif didapat dari mendiskripsikan data hasil belajar peserta didik pada proses pembelajaran model level of inquiry. Data kuantitatif yang berupa nilai pretes dan postes dianalisis dengan menggunakan N-gain dan effect size.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) hasil belajar aspek pengetahuan peserta didik mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran model level of inquiry, 2) hasil belajar aspek sikap peserta didik mengalami peningkatan pada setiap pertemuan setelah dilakukan pembelajaran model level of inquiry, 3) hasil belajar aspek keterampilan peserta didik meningkat dalam setiap pertemuan setelah mendapatkan pembelajaran model level of inquiry. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model level of inquiry tingkat inquiry lesson, dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik