DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji Reduksi dan Isolasi Gen Bakteri Pereduksi krom pada Limbah Penyamakan Kulit dan Pengembangannya pada Buku Ajar Matakuliah Mikrobiologi

Mohammad Wildan Habibi

Abstrak


ABSTRAK

 

Habibi, Mohammad Wildan. 2016. Isolasi Gen Bakteri Pereduksi Krom pada Limbah Penyamakan Kulit dan Pengembangannya pada Buku Ajar Matakuliah Mikrobiologi. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Endang Suarsini, M.Ked, (II) Prof. Dr. Agr. Mohamad Amin, S.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: Isolasi, Gen, Sekuensing, Pseudomonas stutzeri, Buku Ajar

Pengolahan limbah dapat berlangsung secara efektif khususnya limbah yang banyak mengandung logam berat dengan mencari mikroorganisme yang memiliki kemampuan untuk mereduksi logam berat seperti Krom (Cr 6+). Pemanfaatan hasil penelitian dapat memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa karena informasi yang disaji¬kan dan diperoleh melalui pengamatan langsung di lapangan. Selain itu, pembelajaran lebih berdayaguna karena bahan ajar disusun menurut jenjang akademik. Oleh karena itu, hasil-hasil penelitian yang relevan perlu dijadikan materi pembelajaran sehingga karya para peneliti dapat berdayaguna. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendapatkan isolasi gen bakteri pereduksi krom dari limbah penyamakan kulit; 2) menghasilkan produk berupa buku ajar matakuliah Mikrobiologi berdasarkan hasil penelitian tentang isolasi gen bakteri pereduksi krom pada limbah penyamakan kulit.

Penelitian ini terdiri atas dua tahapan. Tahap I merupakan penelitian eksperimen laboratoris, dan tahap II merupakan penyusunan buku ajar berdasarkan hasil penelitian pada tahap I. Data penelitian tahap I adalah isolasi bakteri indigen pada limbah penyamakan kulit. Data uji bakteri pereduksi logam Cr6+ dianalisis dengan menggunakan anova tunggal dan dilanjutkan uji Duncan. Data uji PCR dan Elektroforesis Horizontal dianalisis dengan menggunakan uji sekuensing dan software bioedit. Data penelitian tahap II adalah pengembangan buku ajar matakuliah Mikrobiologi yang mengacu pada model pengembangan Branch (2009) terdiri atas 5 tahap, yaitu: Analize, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Pengembangan buku ajar hanya dilakukan pada tahap Analize, Design, Develop, sedangkan tahap Implement, dan Evaluate tidak dilakukan.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh jenis isolat bakteri indigen terhadap nilai uji reduksi logam Cr6+ (P = 0,000 < α = 0, 050), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil Uji Duncan menunjukkan nilai uji reduksi pada masing-masing sampel berbeda nyata. Isolat bakteri D dan C memiliki nilai reduksi sebesar 3,56 ppm dan 3,95 ppm sehingga dapat digunakan untuk mereduksi logam Cr6+. Hasil PCR dan Elektroforesis Horizontal menunjukkan bahwa terdapat gen Chr B pada bakteri Pseudomonas stutzeri. Hasil validasi buku ajar dari para validator menunjukkan bahwa buku ajar dengan judul “Kemampuan Bakteri sebagai Agen Pereduksi Logam Cr6+” dinyatakan valid dan layak.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh jenis isolat bakteri terhadap penurunan kandungan logam Cr6+. Isolat bakteri yang efektif untuk mereduksi logam Cr6+ yaitu Pseudomonas stutzeri. Buku ajar matakuliah Mikrobiologi yang telah disusun berdasarkan penelitian ini valid dan layak.