DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MUATAN IPS BERBASIS INKUIRI KELAS V TEMA SEJARAH PERADABAN INDONESIA

Syarifah Evy Nurhayati

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurhayati, Syarifah Evy.2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Muatan IPS Berbasis Inkuiri Kelas V Tema Sejarah Peradaban Indonesia. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sumarmi,M.Pd., (2) Dr. Munzil,M.Si.

 

Keywords: pengembangan, multimedia interaktif, muatan IPS, inkuiri.

Pembelajaran muatan IPS di tingkat Sekolah Dasar merupakan materi yang membutuhkan kemampuan berpikir abstrak. Hal ini disebabkan kedalaman dan keluasan materi yang dimilikinya. Tingkat keabstrakan yang dimiliki mengakibatkan guru pada tingkat Sekolah Dasar membutuhkan bantuan berupa media dan strategi yang tepat agar siswa dapat dengan mudah memahaminya.  Dukungan sarana teknologi yang memadai di sekolah saat ini mengharuskan guru untuk dapat memanfaatkan secara optimal sebagai salah satu sarana membuat sumber belajar  yang terbatas pada buku siswa dan BKS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media berupa multimedia interaktif  berbasis inkuiri. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berbasis inkuiri yang memenuhi kriteria kelayakan sehingga dapat diterapkan sebagai suplemen sumber belajar pada pembelajaran muatan IPS tema Sejarah Peradaban Indonesia di kelas V Sekolah Dasar.

Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Lee & Owens yang terdiri dari lima langkah utama yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Perbedaan model pengembangan ini dengan yang lain adanya analisis awal-akhir setelah analisis kebutuhan yang terdiri dari sepuluh tahap analisis, yaitu analisis peserta, teknologi, tugas, isu, keadaan, kejadian penting, tujuan, media, data, dan biaya. Sumber data untuk bahan analisis awal dilakukan melalui observasi dan wawancara. Penelitian pengembangan ini di ujicobakan pada siswa kelas V SDN Bareng 3 Kota Malang, dengan jumlah peserta sebanyak 28 siswa. analisis data yang dilaksanakan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian pengembangan menunjukkan produk berupa multimedia interaktif berbasis inkuiri yang dihasilkan memenuhi kriteria kelayakan untuk dapat dipakai di Kelas V pembelajaran muatan IPS Tema Sejarah Peradaban Indonesia. Tingkat kevalidan produk ini berdasarkan angket penilaian ahli media dan materi persentase rata-rata mencapai 91,07% dengan kriteria “sangat valid”. Tingkat keefektifan berdasarkan angket aktivitas dan hasil belajar siswa selama uji coba terbatas dan lapangan persentase rata-rata mencapai 89,71% dengan kriteria “efektif”. Tingkat kepraktisan berdasarkan angket penilaian guru dan siswa selama uji coba terbatas dan lapangan persentase rata-rata mencapai 93,34% dengan kriteria “sangat praktis”. Tingkat kemenarikan berdasarkan angket penilaian guru dan siswa selama uji coba terbatas dan lapangan mencapai 93,75% dengan kriteria “sangat menarik”. Pengembang selanjutnya dapat mengembangkan media pembelajaran sejenis pada muatan lain dengan menyesuaikan karakteristik materi dan penggunanya. Pengantisipasian pada program yang tidak dapat digunakan pada komputer pengguna dan penggunaan headset untuk audio narasi yang saling bersahutan apabila digunakan secara bersamaan di ruang komputer.