DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MUATAN IPS TEMA TOKOH DAN PENEMUAN PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Dian Prasma Anggraini

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraini, Dian Prasma. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Muatan IPS Tema Tokoh dan Penemuan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd., (II) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Pd., M.Ed.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, IPS.

Berdasarkan Analisis kebutuhan melalui observasi dan wawancara di SDN Kesatrian 1 Kota Malang, ditemukan bahwa pembelajaran IPS belum memanfaatkan fasilitas teknologi yang tersedia. Sekolah memiliki fasilitas teknologi seperti komputer, laptop, dan LCD. Sumber belajar yang digunakan guru adalah buku siswa yang dibagi oleh pemerintah, sehingga belum ada media penunjang lainnya. Guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan media pembelajaran IPS khususnya pada Tema Tokoh dan Penemuan karena keterbatasan kemampuan dan minimnya sumber belajar yang dimiliki.

Tujuan pengembangan multimedia adalah menghasilkan produk berupa multimedia interaktif pembelajaran IPS Tema Tokoh dan Penemuan pada siswa kelas VI sekolah dasar yang memenuhi kelayakan. Produk multimedia interaktif diharapkan membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran IPS pada Tema Tokoh dan Penemuan.

Pengembangan multimedia menggunakan model pengembangan Lee & Owens (2004) yang menggunakan 5 tahap pengembangan yakni, (1) analisis kebutuhan, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Kelayakan produk didapatkan dari hasil validasi multimedia dan uji coba. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi.  Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif melalui instrumen angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknis analisis rata-rata. Data kuantitatif diperoleh melalui analisis rata-rata persentase angket sesuai kategori validitas , sedangkan data kulititatif diperoleh melalui komentar dan saran validator.

Hasil pengembangan produk termasuk dalam kriteria sangat layak dan dapat digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran IPS tema Tokoh dan Penemuan. Hal ini hasil validasi multimedia interaktif yang telah dilakukan, diperoleh hasil kevalidan dengan persentase 91,86%, kepraktisan 96,73%, kemenarikan 97,67%, dan kefektifan 93,91%.

Pengembangan produk multimedia interaktif pembelajaran IPS tema Tokoh dan Penemuan dikembangkan berdasarkan kebutuhan siswa kelas VI SDN Kesartrian 1 Kota Malang. Multimedia interaktif pembelajaran IPS tema Tokoh dan Penemuan ini dapat digunakan di tempat lain sebagai alternatif sumber belajar.  Produk multimedia interaktif diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh peneliti selanjutnya sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam pengembangan multimedia pembelajaran yang sama. Pembelajaran menggunakan multimedia interaktif disarankan di laboratorium komputer yang dilengkapi dengan LCD proyektor, hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya masalah teknis apabila komputer siswa tidak beroperasi dengan baik.