DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS ( Studi pada Siswa Kelas VIb SD Negeri 4 Wawotobi Kabupaten Konawe)

ANITA KAROLINA

Abstrak


ABSTRAK

 

Anita Karolina, 2016. PenerapanMetodeTeams Games TournamentUntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajar IPS ( StudipadaSiswaKelasVIb SD Negeri 4  WawotobiKabupatenKonawe). Tesis. Program StudipendidikanDasar. Pascasarjanah.UniversitasNegeri Malang.Pembimbing: 1) Prof. Dr. Wahjoedi, M.E, 2) SitiMalikhahTowaf, M.A., Ph.D.

 

Kata Kunci:  MetodeTeams Games Tournament (TGT), MotivasiBelajar, HasilBelajar.

Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara pada siswa ditemukan permasalahan dalam pembelajaran IPS di kelas IV. Permasalahan dalam pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 4 Wawotobi yaitu; (1) keterlibatan siswa dalam pembelajaran rendah, (2) komunikasi tidak efektif, (3) siswa takut dan malu menampilkan hasil kerjanya, (4) kerjasama dalam kelompok tidak berjalan efektif, dan (5) siswa merasa bosan dalam pembelajaran. Peneliti berpendapat bahwa hal ini terjadi karena rendahnya motivasi belajar yang dimiliki siswa sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu metode yang digunakan dalam perbaikan pembelajaran adalah  metode TGT, metode ini merupakan pembelajaran kooperatif  memiliki 5 langkah tahapan yaitu: tahap penyajian kelas (class precentation), belajar dalam kelompok (teams), permainan (games), pertandingan (tournament), dan penghargaan kelompok (team recognition). Hal membuat siswa bekerjasama dalam kelompoknya dan termotivasi untuk belajar karena di dalam pelaksanaanya membuat mereka bermain sambil belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode ceramah dipadu pembelajaran kooperatif TGT dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan mengukur hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan metode TGT dalam proses pembelajaran. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IVb SDN 4  Wawotobi berjumlah 20 siswa. Peneliti bertugas sebagai sebagai instumen kunci dalam pelaksanaan penelitian yakni sebagai pemberi tindakan atau guru model yang dibantu guru kelas sebagai observer. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket motivasi siswa, soal tes, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalis data   peneliti menggunakan analisis kualitatif.

Hasil penelitian dengan menggunakan metode TGT dalam pembelajaran IPS pada kelas IVb SDN 4 Wawotobi Kabupaten Konawe menunjukkan motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada motivasi belajar siswa di siklus I sebesar 70% sedangkan motivasi belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85% dimana jumlah ini sudah melebihi kriteria ketuntasan yang telah ditentukan yakni sebesar 80%. Sejalan dengan motivasi hasil belajar juga mengalami peningkatan di mulai dari awal siklus dimana pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 71,85% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan 79,75%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran akan memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah.

Saran dari peneliti dalam penggunaan metode TGT yaitu: 1) sebagai guru sebaikya menggunakan metode dalam mengajar dan harus pandai memilih metode yang tepat untuk materi yang hendak di pelajari, 2) bagi guru yang akan menggunakan metode  TGT di dalam pembelajarannya agar manajemen waktu lebih diperhatikan lagi dikarena penerapan TGT  ini membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses games tournament.