DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Asesmen Ketrampilan Menulis Teks Deskripsi dan Eksposisi Dengan KOnteks Budaya Lokal Papua Untuk Siswa Kelas VII SMP

Angla Florensy Sauhenda

Abstrak


ABSTRAK

 

Sauhenda, Angla Florensy. 2016. Pengembangan Perangkat Asesmen Menulis Teks Deskripsi Dan Eksposisi Dengan Konteks Budaya Lokal Papua Untuk Siswa Kelas VII. Tesis, Prodi Pendidikann Bahasa Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Titik Harsiati, M.Pd dan (II) Dr. Martutik, M.Pd

 

Kata Kunci: pengembangan perangkat asesmen, teks deskripsi, teks eksposisi, budaya lokal Papua

Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan perangkat asesmen menulis keterampilan menulis teks deskripsi dan eksposisi dengan konteks budaya lokal Papua untuk kelas VII SMP.Dalam perangkat asesmen ini terdapat dua produk yakni panduan guru dan tugas siswa.Panduan guru terdiri atas tiga bab. Bab I Karateristik Asesmen Menulis, yakni (a) kompetensi inti dan kompetensi dasar menulis, (b) sasaran asesmen menulis, (c) teknik dan alat asesmen menulis, (d) sifat tugas menulis, dan (e) petunjuk umum. Bab II Asesmen Menulis Teks Deskripsi, yakni (a) kompetensidasar, (b) indikator, (b) petunujuk penggunaan, (c) langkah-langkah penugasan, (d) rubrik penilaian, (e) cara penyekoran nilai siswa, dan (f) rubrik teman sejawat. Bab III Asesmen Menulis Teks Eksposisi, yakni (a) kompetensidasar, (b) indikator, (b) petunujuk penggunaan, (c) langkah-langkah penugasan, (d) rubrik penilaian, (e) cara penyekoran nilai siswa, dan (f) rubrik teman sejawat. Tugas siswa terdiri atas empat bagian, yaitu (a)tugas menulis teks deskripsi berdasarkan video, (b) tugas menulis teks deskripsi berdasarkan pengalaman, (c) tugas menulis teks eksposisi berdasarkan masalah, dan (d) tugas menulis teks eksposisi berdasarkan tema.

Budaya lokal Papua dalam penelitian dan pengembangan ini dijadikan sebagai rangsangan bagi siswa untuk menulis teks deskripsi dan eksposisi. Budaya lokal Papua yang dijadikan rangsangan yaitu (a) wisata danau Sentani dan wisata raja Ampat, (b) tarian perang Papua, (c) pentingnya ulat sagu, (d) perlunya menjaga kebersihan lingkungan dari ludah pinang, dan (e) manfaat sarang semut.Modelpengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model R2D2.Model pengembangan ini terdiri atas tiga tahap pengembangan, yaitu (a) fokus pendefinisian atau identifikasi, (b) desain pengembangan produk, dan (c) diseminasi.Jenis data dalam penelitian dan pengembangan ini dikelompokan menjadi dua bagian, yaitu(a) data kualitatif, dan (b) data kuantitatif.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah teknik analisis kualitatifdan teknik analisis kuantitatif.

Berdasarkan hasil validasi panduan guru teks deskripsi mencapai tingkat kelayakan sebesar 86%. Sementara panduan guru untuk teks eksposisi mencapai tingkat kelayakan sebesar 87%.Hal ini menunjukan bahwa panduan guru yang dikembangkan layak untuk diimplementasikan.Selanjutnya, tugas siswa pada teks deskripsi berdasarkan video mencapai tingkat kelayakan sebesar 85%.Tugas siswa pada teks deskripsi berdasarkan pengalaman mencapai tingkat kelayakan sebesar 84%.Tugas siswa pada teks eksposisi berdasarkan masalah mencapai tingkat kelayakan sebesar 84%. Tugas siswa pada teks eksposisi berdasarkan tema mencapai tingkat kelayakan sebesar 86%. Hal ini menunjukan bahwa tugas siswa yang dikembangkan layak untuk diimplementasikan.

Hasil analisis uji validitas tugas menulis teks deskripsi berdasarkan video terdapat empat butir soal/tugas. Empat butir soal tersebut adalah valid karena nilai Correted Item Total lebih besar dari 0,30. Adapun nilai dari masing-masing item soal yaitu butir soal pertama mencapai 0,506, butir soal kedua mencapai 0,611, butir soal ketiga mencapai 0,574, dan butir soal keempat mencapai 0,371. Selanjutnya, hasil uji reliabilitas mencapai 0,694. Karena nilai lebih dari 0,60 maka dapat disimpulkan bahwa variabel tugas menulis teks deskripsi berdasarkan video telah reliabel. Selanjutnya, uji validitas tugas menulis teks deskripsi berdasarkan pengalaman terdapat empat butir soal/tugas. Empat butir soal tersebut adalah valid karena nilai Correted Item Total lebih besar dari 0,30. Adapun nilai dari masing-masing item soal yaitu butir soal pertama mencapai 0,686, butir soal kedua mencapai 0,409, butir soal ketiga mencapai 0,540, dan butir soal keempat mencapai 0,425. Selanjutnya, hasil uji reliabilitas mencapai 0,692. Karena nilai lebih dari 0,60 maka dapat disimpulkan bahwa variabel tugas menulis teks deskripsi berdasarkan pengalaman telah reliabel.

Uji validitas tugas menulis teks eksposisi berdasarkan masalah terdapat empat butir soal/tugas. Empat butir soal tersebut adalah valid karena nilai Correted Item Total lebih besar dari 0,30. Adapun nilai dari masing-masing item soal yaitu butir soal pertama mencapai 0,365, butir soal kedua mencapai 0,587, butir soal ketiga mencapai 0,542, dan butir soal keempat mencapai 0,464. Selanjutnya, hasil uji reliabilitas mencapai 0,681. Karena nilai lebih dari 0,60 maka dapat disimpulkan bahwa variabel tugas menulis teks eksposisi berdasarkan masalah telah reliabel. Uji validitas tugas menulis teks eksposisi berdasarkan tema terdapat empat butir soal/tugas. Empat butir soal tersebut adalah valid karena nilai Correted Item Total lebih besar dari 0,30. Adapun nilai dari masing-masing item soal yaitu butir soal pertama mencapai 0,325, butir soal kedua mencapai 0,598, butir soal ketiga mencapai 0,646, dan butir soal keempat mencapai 0,390. Selanjutnya, hasil uji reliabilitas mencapai 0,680. Karena nilai lebih dari 0,60 maka dapat disimpulkan bahwa variabel tugas menulis teks eksposisi berdasarkan tema telah reliabel. Hasil penelitian dan pengembangan selanjutnya dapat diseminasikan dalam jurnal ilmiah, baik tercetak maupun online.

 

ABSTRACT

 

Sauhenda, Angla Florensy. 2016. Development Of Assessment Device In Writing Description and Exposition Text With Context Of Papua Local Culture For First Year Junior High School. Thesis, Prodi Pendidikann Indonesian State University of Malang. Supervisor: (I) Dr. Titik Harsiati, M.Pd and (II) Dr. Martutik, M.Pd

 

Keywords: the development of assessment device, description text, exposition text, Papua local culture.

Research and development results in the assessment of writing skills to writedescription and exposition text with context of Papua local culture for class VII.In the assessment, there are two products namely teacher guides and student assignments. Teacher's guide consists of three chapters. Chapter I Characteristics Writing Assessment, namely (a) the core competence and basic competences writing, (b) writing assessment targets, (c) writing assessment techniques and tools, (d) the nature of the task of writing, and (e) general instructions. Chapter II Assessment of Writing Text Descriptions, namely (a) the basic competence, (b) indicators, (b) using guide, (c) assignment, (d) an assessment rubric, (e) the way scoring student value, and (f ) rubric peers. Chapter III Assessment of Writing Text Exposition, namely (a) the basic competence, (b) indicators, (b) using guide and steps in assignment, (d) an assessment rubric, (e) the way scoring student value, and (f ) rubric peers. The task of the students consists of four parts, namely (a) the task of writing a text description based on the video, (b) the task of writing description text based on experience, (c) writing assignments of exposition text based on problems, and (d) the task of writing exposition text by theme.

In this research and development, Papua local culture is used as a stimulus for students to write description and exposition text. The local culture of Papua which is used as a stimulus, namely (a) Sentani lake and Raja Ampat, (b) a war dance of Papua, (c) the importance of sago, (d) the importance of keeping clean environment away from spit betel, and (e) benefits of anthill , The development model used in this study is a model of R2D2. This development model consists of three stages of development, namely (a) the focus of the definition or identification, (b) design of product development, and (c) dissemination. The type of data in this research and development are classified into two parts, namely (a) qualitative data, and (b) of quantitative data. Data analysis techniques used in this research and development is the technique of qualitative analysis and quantitative analysis techniques.

Based on the validation results of the teacher guides, description text reaches 86% of feasibility level.Meanwhile, the teacher guides for exposition text achieves 87% of eligibility level.It shows that the development of teacher guides are feasible to be implemented.Furthermore, the student assignment in the description text based on video reaches 85% of feasibility level. Student assignment in description text based on the experience reaches 84% of viability.The Student assignment in exposition text based on problems achieves 84% of eligibility level. Student assignments of exposition text by theme reaches 86% of feasibility level. It shows that the development of the student assignments are feasible to be implemented.

There are four items used for analysis result of validity test in writing description text assignment based on video. Four items are valid because the value of correted item total is more than 0,30.The details of value for each item are 0,506 for the first item, the second reaches about 0,611, the third reaches 0,574 and for the last reaches 0,371.Furthermore, the reliability test results reached 0.694. Because the value is more than 0.60, it can be concluded that the variable assignment to writedescription text based on video has been reliable. Next, There are four items used for analysis result of validity test in writing description text assignment based on video. Four items are valid for correted item total value of greater than 0.30. The details of value for each item are 0.686 for the first item, the second reaches about 0.409, the third reaches 0.540 and for the last reaches 0.425. Furthermore, the reliability test results reached 0.692. Because the value is more than 0.60, it can be concluded that the variable assignment to write description text based on video has been reliable.

There are four items used for analysis result of validity test in writing description text assignment based on video. Four items are valid because the value of correted item total is more than 0,30. The details of value for each item are 0.365 for the first item, the second reaches about 0.587, the third reaches 0.542 and for the last reaches 0.464. Furthermore, the reliability test results reached 0.681. Because the value is more than 0.60, it can be concluded that the variable assignment to write description text based on video has been reliable. There are four items used for analysis result of validity test in writing description text assignment based on video. Four items are valid because the value of correted item total is more than 0,30. The details of value for each item are 0.325 for the first item, the second reaches about 0.598, the third reaches 0.646 and for the last reaches 0.390. Furthermore, the reliability test results reached 0.680. Because the value is more than 0.60, it can be concluded that the variable assignment to write description text based on video has been reliable.This results of research and development could be disseminated in scientific journals, both printed and online.