DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Menggunakan Media Langsung di TK Negeri Pembina Bululawang Kabupaten Malang

Masrifah

Abstrak


ABSTRAK

 

Masrifah. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Menggunakan Media Langsung di TK Negeri Pembina Bululawang Kabupaten Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Alif Mudiono, M.Pd., (II) Prof. Dr. Hj. Ruminiati, M.Si.

 

Kata Kunci: pembelajaran tematik, media langsung, hasil belajar anak.

Pembelajaran tematik pada dasarnya adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan media langsung di TK Negeri Pembina Bululawang Kabupaten Malang, dan (2) meningkatkan hasil belajar anak untuk enam lingkup perkembangan dengan menggunakan media langsung di TK Negeri Pembina Bululawang Kabupaten Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini pengumpulan data dilakukan oleh guru sebagai peneliti dan satu teman kolaboratif selama proses pelaksanaan tindakan, yang meliputi data proses dan data hasil pembelajaran. Data-data pada proses pembelajaran berupa data perencanaan dan data pelaksanaan pembelajaran, sedangkan untuk data pada hasil pembelajaran adalah dokumentasi hasil belajar anak. Pengumpulan data melalui observasi, catatan harian dan dokumentasi hasil kegiatan anak. Penelitian ini dilakukan menelaah semua data yang sudah dikumpulkan, mereduksi data, dan  menyimpulkan dan memferifikasi untuk mengecek keabsahan data.

Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran tematik terpadu dilakukan melalui beberapa fase atau tahapan sehingga  dapat memberikan kemudahan bagi anak dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar anak, dengan demikian anak aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sesuai dengan tahapan yang ditentukan oleh guru, pada siklus I diperoleh skor rata-rata pada kegiatan awal sebanyak 90,69%, kegiatan inti sebanyak 86,30% dan  kegiatan penutup sebanyak 89,53%. Meningkat pada siklus II skor rata-rata kegiatan awal sebanyak 96,47%, kegiatan inti sebanyak  98,10% dan kegiatan penutup sebanyak 98,78%. Penerapan pembelajaran tematik terpadu juga meningkatkan hasil belajarn anak dalam 6 lingkup perkembangan dengan skror rata-rata pada siklus I 93,06% dengan kriteria penilaian BSB (berkembang sangat baik) kemudian meningkat menjadi 100% pada siklus II. Dengan demikian penerapan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan media langsung dapat meningkatkan aktivitas belajar anak dan hasil belajar anak untuk enam lingkup perkembangan di TK Negeri Pembina Bululawang Kabupaten Malang.

 

ABSTRACT

 

Masrifah. 2016. Learning outcome Integrated thematic Using Direct Media in TK Negeri Pembina Bululawang Malang. Thesis Department of Basic Education, Graduate Program, State University of Malang. preceptor: (I) Dr. Alif Mudiono, M.Pd., (II) Prof. Dr. Hj. Ruminiati, M.Si.

 

Keywords: thematic learning, direct media, learning outcomes of children.

Thematic learning is basically integrated learning model which uses the theme to link several subjects so as to provide meaningful experiences to children. This research aims to (1) describe the application of integrated thematic learning by using media directly in TK Negeri Pembina Bululawang Malang Regency, and (2) improve learning outcomes for children six scope of development using the direct media in TK Negeri Pembina Bululawang Malang.

This study used a qualitative approach with the design of classroom action research. In this classroom action research data collection is done by the teacher as a researcher and a friend collaborative actions during the implementation process, which includes data and data processes of learning outcomes. The data on the learning process in the form of a data planning and data implementation of learning, whereas for data on learning outcomes is the documentation of children's learning outcomes. In gathering data through observation, diaries and documentation of the results of the child. In this study examines all the data that has been collected, data reduction, and conclude and verify to check the validity of the data.

The results showed implementation of integrated thematic learning is done through several phases or stages so as to make it easy for children to understand and explore the concept of the material incorporated in the theme and can add to the spirit of children's learning, thus the child is active in participating in learning activities in accordance with the stages that are determined by the teacher, in the first cycle obtained an average score on the initial activity as much as 90.69%, core activities as much as 86.30% and closing activity as much as 89.53%. Increase in cycle II, the average score early activities as much as 96.47%, core activities as much as 98.10% and activities cover as much as 98.78%. Implementation of integrated thematic learning also improves learning outcomes of children in the 6 skror scope of development with an average of 93.06% in the first cycle with the assessment criteria BSB (developing very good) and then increased to 100% in the second cycle. Thus the application of integrated thematic learning by using the direct media can improve children's learning activities and learning outcomes for children six scope of developments in TK Negeri Pembina Bululawang Malang.