DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang

Taufiq Nuril Akbar

Abstrak


ABSTRAK

 

Taufiq. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Program Studi Pendidikan Dasar, Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Pd., M.Ed. (2) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D.

 

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Guided Inquiry.

Materi IPA di kelas V Sekolah Dasar merupakan materi yang banyak mengandung istilah asing dan alur proses, misalnya pada materi sitem pernapasan manusia. Materi ini termasuk materi yang cukup sulit bagi siswa jika pembelajaran hanya menggunakan buku teks karena buku teks kurang memberikan visualisasi yang konkret. Berdasarkan hasil observasi di SDN Kebonsari 3 Malang ditemukan fakta bahwa pembelajaran kurang memanfaatkan teknologi sehingga pembelajaran cenderung membosankan. Siswa membutuhkan media yang mampu menampilkan materi secara menarik dan menyenangkan .

Salah satu alternatif untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan mengembangkan multimedia interaktif. Multimedia interaktif merupakan media pembelajaran berbasis komputer yang dikemas dalam sebuah CD (Compact Disk) yang di dalamnya terdapat aplikasi interaktif dan juga mempunyai menu yang dapat diklik untuk menampilkan suatu informasi tertentu. Interaktif yang dimaksudkan ialah adanya interaksi siswa dalam mengoperasikan multimedia interaktif sehingga dapat memberikan balikan kepada siswa.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Lee & Owens. Langkah-langkah pengembangan model Lee & Owens yaitu: (1) penilaian analisis; (2) desain; (3) pengembangan; (4) implementasi; dan (5) evaluasi. Alasan pemilihan model ini karena model ini merupakan model pengembangan yang dikhususkan untuk mengembangkan multimedia. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan produk multimedia interaktif IPA yang berorientasi guided inquiry materi sistem pernapasan manusia kelas V Sekolah Dasar.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif ini termasuk dalam kualifikasi layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan analisis penilaian kevalidan  produk yang mencapai persentase 90% yang masuk kategori “valid”, analisis penilaian kemenarikan  produk yang mencapai persentase 93,3% yang masuk kategori “menarik”, analisis penilaian kepraktisan produk yang mencapai persentase 92% yang masuk kategori “praktis”, dan analisis penilaian keefektifan produk yang mencapai persentase 88,5% yang masuk kategori “efektif”. Saran bagi pengembang untuk penelitian pengembangan selanjutnya dapat dibuat lebih menarik dengan materi lainnya dan diujicobakan ke beberapa sekolah.