DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Cooperative Script (Remap-CS) dan Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Keterampilan Metakognitif, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X MIA SMA Negeri Batu

Zenia Lutfi Kurniawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawati, Zenia Lutfi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Cooperative Script (Remap-CS) dan Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Keterampilan Metakognitif, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X MIA SMA Negeri Kota Batu. Tesis,Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah, M.Pd, (II) Dr. SusriyatiMahanal, M.Pd.

 

Kata Kunci: keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, Remap-CS

Beberapa penelitian mengungkap bahwa keterampilan berpikir, terutama keterampilan metakognitif dan keterampilan berpikir kritis siswa jenjang SMA belum berkembang dengan baik dan perlu diberdayakan. Siswa yang memiliki keterampilan metakognitif akan dapat memiliki pengetahuan akan kemampuan diri, mampu berpikir bagaimana belajar dan menyelesaikan tugas, mampu memilih strategi yang sesuaiuntuk menyelesaikan tugas dengan baik. Siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis akan mampu mengambil keputusan dengan alasan-alasan yang mempertimbangkan berbagai kajian dan sudut pandang. Siswa yang memiliki keterampilan metakognitif dan keterampilan berpikir kritis akan mampu memperoleh hasil belajar yang baik.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran biologi di SMA Negeri Kota Batu belum memberdayakan keterampilan metakognitif dan keterampilan berpikir kritis siswa. Pemberdayaan kedua keterampilan tersebut dapat diupayakan melalui model pembelajaran yang sesuai. Model pembelajaran yang dicobakan pada penelitian ini adalah pembelajaran biologi berbasis Reading-Concept Map-Cooperative Script (Remap-CS). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui adanya perbedaan keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran biologi berbasis Remap-CSdan pembelajaran konvensional; 2) mengetahui adanya perbedaan keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif antara siswa berkemampuan akademik tinggi dengan siswa berkemampuan akademik rendah; dan 3) mengetahui adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran biologi berbasis Remap-CSdengan kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebagai kelas kontrol dengan kemampuan akademik rendah ialah kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Batu dan kelas kontrol kemampuan akademik tinggi adalah kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Batu, kelas eksperimen dengan kemampuan akademik rendah ialah kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Batu dan kelas eksperimen dengan kemampuan akademik tinggi adalah kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Batu. Instrumen pengukuran keterampilan metakognitif dan keterampilan berpikir kritis yang digunakan berupa  tes essay yang terintegrasi dengan tes hasil belajar kognitif. Hasil jawaban siswa dianalisis dengan menggunakan rubrik keterampilan metakognitif yang dikembangkan oleh Corebima (2009),  rubrik keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan oleh Zubaidah, dkk. (2015), dan penyekoran hasil belajar kognitif berdasarkan tingkat kognitif Bloom yang telah direvisi oleh Anderson dan Krathwohl (2015). Selanjutnya hasil penelitian yang didapatkan diuji statistik dengan teknik Anacova.

Hasil penelitian ini adalah 1)Ada perbedaan pada keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Negeri Kota Batu yang dibelajarkan dengan pembelajaran biologi berbasis pembelajaran biologi berbasis Remap-CSdan pembelajaran konvensional. Siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran Remap-CS mendapatkan rata-rata terkoreksi keterampilan metakognitif 31,25%, keterampilan berpikir kritis 41,67%, dan hasil belajar kognitif 24,66% lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional; 2) Ada perbedaan pada keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif antara siswa berkemampuan akademik tinggi dengan siswa berkemampuan akademik rendah kelas X SMA Negeri Kota Batu. Siswa berkemampuan akademik tinggi memiliki rata-rata terkoreksi keterampilan metakognitif 43,06%, keterampilan berpikir kritis 53,51%, dan hasil belajar kognitif 39,32%lebih tinggi daripada siswa berkemampuan akademik rendah; 3) Ada pengaruh interaksi strategi pembelajaran biologi berbasis Remap-CS dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Negeri di Kota Batu. Interaksi strategi pembelajaran biologi berbasis Remap-CS dengan kemampuan akademik tinggi memiliki rata-rata terkoreksi lebih tinggi daripada ketiga interaksi yang lain. Berdasarkan temuan pada penelitian ini, dapat diusulkan penggunaan pembelajaran biologi berbasis Remap-CS untuk memberdayakan keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif bagi siswa berkemampuan akademik tinggi dan siswa berkemampuan akademik rendah.