DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Reading Concept Map Reciprocal Teaching (Remap RT) dan Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Keterampilan Metakognitif, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri Kota Batu

Mar'atus Sholihah

Abstrak


ABSTRAK

 

Keterampilan metakognitif dan keterampilan berpikir kritis diharapkan dimiliki oleh siswa sebagai kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan abad 21. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan metakognitif dan berpikir kritis belum banyak diberdayakan dalam pembelajaran, sehingga berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar kognitif siswa. Variasi kemampuan akademik (KA) juga berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Siswa dengan KA tinggi cenderung memiliki keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif yang tinggi, sedangkan siswa KA rendah sebaliknya. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat memberdayakan keterampilan metakognitif dan berpikir kritis siswa, serta meningkatkan hasil belajar kognitif pada siswa KA berbeda. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat memberdayakan keterampilan metakognitif dan berpikir kritis serta meningkatkan hasil belajar kognitif pada siswa KA berbeda adalah model Reading Concept Map Reciprocal Teaching (Remap RT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran, kemampuan akademik, dan interaksinya terhadap keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain pretest-postest nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri di wilayah Kota Batu dengan sampel penelitian yaitu pada kemampuan akademik tinggi siswa kelas X MIA 3 dan X MIA 4 di SMA Negeri 1 Batu dan pada kemampuan akademik rendah siswa kelas X MIA 2 dan X MIA 4 di SMA Negeri 2 Batu semester ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling berdasarkan uji kesetaraan. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif yang meliputi data keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif yang didapatkan melalui tes essay dengan mengacu pada rubrik yang berbeda. Analisis data dilakukan dengan analisis anakova pada hasil pretes-postes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif pada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran Remap RT dan konvensional. Pada pembelajaran Remap RT rerata skor terkoreksi keterampilan metakognitif lebih tinggi 48,74% dari pembelajaran konvensional, rerata skor terkoreksi keterampilan berpikir kritis lebih tinggi 55,93% dari pembelajaran konvensional, dan rerata skor terkoreksi hasil belajar kognitif lebih tinggi 45,11% dari pembelajaran konvensional; 2) ada perbedaan keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif pada siswa kemampuan akademik tinggi dan rendah. Siswa KA tinggi memiliki keterampilan metakognitif lebih tinggi 36,26% daripada siswa KA rendah, keterampilan berpikir kritis lebih tinggi 51,08% daripada siswa KA rendah, dan hasil belajar kognitif lebih tinggi 33,97% daripada siswa KA rendah; dan 3) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif. Rerata skor terkoreksi keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif pada Remap RT KA rendah lebih tinggi dibandingkan dengan konvensional KA tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru menggunakan pembelajaran Remap RT karena dapat memberdayakan keterampilan metakognitif dan keterampilan berpikir kritis, serta meningkatkan hasil belajar kognitif pada siswa dengan kemampuan akademik berbeda.