DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Strategi Pemerolehan Konsep Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Penanggungan Kota Malang

Moh Faishal

Abstrak


ABSTRAK

 

Faishal, Moh. 2016. Penerapan Strategi Pemerolehan Konsep Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Penanggungan Kota Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Guru Kelas, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Wahjoedi, M.E.,M.Pd., (II) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari, M.Pd.,M.Ed

 

Kata Kunci:  Strategi Pemerolehan Konsep, Multimedia, Aktivitas dan Hasil Belajar

Materi IPS di SD menyajikan berbagai konsep-konsep abstrak yang berhubungan dengan kehidupan sosial yang harus diketahui dan dipahami maknanya serta dibelajarkan kepada siswa SD. Terdapat permasalahan yang ditemukan di kelas V, yaitu keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dalam penguasaan konsep masih rendah. Perlu diterapkan strategi pembelajaran guna mengaktifkan kemampuan siswa demi tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pemerolehan konsep berbantuan multimedia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS.

Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan diberikan kepada 36 siswa kelas VB, di SDN Penanggungan Kota Malang. Instrumen yang digunakan berupa daftar penjabaran konsep-konsep IPS kelas V, RPP, lembar observasi guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan soal tes hasil belajar.

Hasil penelitian tindakan pembelajaran dengan menerapkan strategi pemerolehan konsep berbantuan multimedia ini adalah meningkatnya aktivitas serta hasil belajar siswa. Peningkatan ditunjukkan dari rata-rata persentase aktivitas belajar siswa tiap tindakan sesuai aspek-aspek yang diamati, pada siklus I persentase 75,19% (kriteria baik), dan meningkat sebesar 6,16% menjadi 81,35% (kriteria sangat baik) di siklus II. Sedangkan peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan persentase ketuntasan klasikal setelah siswa mengerjakan tes soal pemahaman konsep tiap tindakan, dengan rincian dari pra siklus ke siklus I peningkatan sebesar 19,45%, dan dari siklus I ke siklus II peningkatan sebesar 22,22%. Persentase ketuntasan klasikal pada pra siklus adalah 44,44%, siklus I 63,89%, dan siklus II 86,11% berdasarkan kriteria minimal ketuntasan kelas 80%.

Saran penelitian sebagai berikut: a) dapat dikembangkan penelitian berikutnya untuk bidang studi lainnya selain IPS, b) peneliti lain perlu mengembangkan penelitiannya yang berdampak pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor yang lebih tinggi, c) guru hendaknya dapat menguasai strategi-strategi dan media yang tepat dalam membelajarkan konsep abstrak kepada siswa, d) instansi pendidikan terkait perlu memfasilitasi dalam memanfaatkan multimedia kepada pendidik sebagai prasarana sebagai sarana yang dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.