DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 3 Wawotobi Kabupaten Konawe

HELISMAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Helisman, 2016. Penerapan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 3 Wawotobi Kabupaten Konawe. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: 1) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, 2) Dr. Ramli, M.Pd

 

Kata Kunci: Teknik Mind Mapping, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPS.

Berdasarkan hasil studi awal dan wawancara yang dilakukan di kelas V SDN 3 Wawotobi ditemukan adanya permasalahan dalam pembelajaran IPS. Ketika proses pembelajaran IPS siswa tidak terlibat dalam proses pembelajaran, bersikap pasif, mudah bosan dan mengganggap pembelajaran IPS kurang relevan bagi kehidupan mereka. Hal ini disebabkan guru masih mendominasi proses pembelajaran dan masih kurangnya pemahaman siswa tentang relevansi pembelajaran IPS bagi kehidupan mereka. Hal ini disebabkan oleh motivasi yang rendah dalam belajar IPS dan berakibat rendahnya hasil belajar IPS Siswa. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu penerapan teknik mind mapping dalam pembelajaran. Teknik ini dapat dipakai untuk memberikan pembelajaran yang bermakna bagi para siswa. Siswa dilibatkan dalam proses pembelajaran, memupuk kerja sama dan mampu bertanggung jawab atas hasil yang diperoleh, selain itu penggunaan teknik ini akan membuat kreativitas siswa lebih terasah.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 3 Wawotobi kabupaten Konawe yang berjumlah 20 orang siswa. Penelitian tindakan Kelas ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dimana siklus I dengan 4 kali pertemuan dan siklus II dengan 3 kali pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas V SDN 3 Wawotobi Kabupaten Konawe sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, angket motivasi dan tes.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan teknik mind mapping terlaksana dengan baik, 2) penggunaan teknik mind mapping dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 68,70% berada pada kriteria cukup dan meningkat menjadi 86,57% di siklus II yang berada pada kriteria baik, 3) penggunaan teknik mind mapping dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa, siswa yang mencapai ketuntasan sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 30% atau 6 siswa, pada siklus I meningkat menjadi 60% atau 12 siswa dan siswa yang tuntas dalam belajar semakin meningkat pada pelaksanaan siklus II sebesar 90% atau 18 orang siswa yang tuntas dalam belajar.

Penerapan teknik mind mapping dalam pembelajaran perlu memperhatikan alokasi waktu yang cukup karena proses pembuatan mind mapping akan banyak menyita waktu, selain itu siswa harus diajarkan cara membuat mind mapping yang baik agar hasil yang diperoleh dapat memuaskan. Perlu persiapan berupa alat dan bahan dalam pembuatan mind mapping agar proses pembelajaran dengan menggunakan teknik mind mapping dapat terlaksanan dengan baik.