DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Variasi Kecerdasan Majemuk.

Muzakkir Munzir

Abstrak


ABSTRAK

 

Munzir, Muzakkir. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Variasi Kecerdasan Majemuk. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Imam Agus Basuki, M.Pd,  (II) Dr. Titik Harsiati, M.Pd. 

 

Kata kunci: BahanAjar,TeksEksposisi,KecerdasanMajemuk.

Pembelajaran Bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 berbasis teks. Observasi yang dilakukan pada 8 guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di jenjang SMP dengan latar belakang sekolah yang berbeda, diperoleh data bahwa masih ditemukan sejumlah kendala dalam penerapan kurikulum 2013.  Salah satu kendala adalah kelemahan bahan ajar. Guru menilai diperlukan pengembangan bahan ajar yang dapat memasilitasi variasi kecerdasan siswa. Menurut Prasetyo (2013:15) mengembangkan bahan ajar harus memperhatikan aspek potensi siswa termasuk memperhatikan variasi kecerdasan siswa.  Subini (2015:11) juga mengungkapkan hal yang senada, menurutnya setiap anak merupakan pribadi yang unik, mereka memiliki alur perkembangan yang berbeda satu sama lain.

Dari hasil survei diketahui jika teks eksposisi merupakan salah satu jenis teks yang sulit diajarkan pada siswa. Bahan ajar yang diharapkan dapat dikembangkan adalah yang bersifat sebagai alternatif  pembelajaran atau pengayaan materi ajar. 

Tujuan penelitian yaitu (1) mengembangkan bahan ajar teks eksposisi bagi siswa yang memiliki kecerdasan linguistik, kecerdasan kinestetik, kecerdasan spasial/visual(2) mengembangkan panduan pembelajaran teks eksposi bagi guru, (3)  menguji efektifitas bahan ajar teks eksposisi berbasis variasi kecerdasan majemuk .

Masing masing-produk bahan ajar untuk siswa terdiri dari kompetensi dasar menulis dan kompetensi dasar menelaah/ merevisi.  Panduan bagi guru juga berisi panduan pembelajaran dan panduan penilaian. Dimensi produk berupa bahan ajar berjenis modul cetak yang di dalamnya dilengkapi lampiran materi audio-visual. Setiap seri variasi kecerdasan dikembangkan dari dua tema. Bentuk kegiatan dan latihan pada bahan ajar menyesuaikan dengan karakter variasi kecerdasan siswa. Setiap seri memberlakukan tugas secara kelompok dan tugas mandiri. Buku panduan untuk guru berisi panduan pengajaran, kunci jawaban dan rubrik pedoman penilaian. 

Penelitian dan pengembangan bahan ajar teks eksposisi ini menggunakan model Researc and Depelopment (R&D).  Penelitian ini melalui 10 tahapan  (1)  mengetahui potensi masalah;  mengkaji hasil penelitian sebelumnya  (2) mengumpulkan informasi;  studi pustaka, angket dan wawan cara (3) mengembangkan desain awal produk; mentukan desain dan memilih bahan  (4) validasi desain; menyusun instrumen valiadasi dan validasi oleh ahli (5) revisi desai; melakukan perbaikan sesuai masukan validator ahli (6) uji coba produk; dilakukan dengan kelompok terbatas (7) revisi produk; menyempurnakan produk sesuai hasil ujicobakelompok terbatas  (8) uji efektifitas dilakukan pada guru dan siswa SMPN 1 Kelumpang Barat Kabupaten Kotabaru Kalsel (9) revisi akhir; menyempurnakan produk hasil uji coba, dan (10) menyerbarluaskan produk.

Hasil penelitian  (1) menghasilkan produk bahan ajar teks eksposisi berbasis kecerdasan linguistik , bahan ajar teks eksposisi berbasis kecerdasan kinestetik, bahan ajar teks eksposisi berbasis kecerdasan spasial/visual, (2) buku panduan guru. Bahan ajar memiliki kelayakan isi rata-rata 90,75 % dalam kategori sangat layak dan dapat diimplementasikan, kelayakan kebahasaan rata-rata 87,5 % dalam kategori sangat layak dan dapat diimplementasikan, kelayakan penyajian rata-rata 88, 66 % dalam kategori sangat layak dan dapat diimplementasikan, kelayakan kegrafikaan rata-rata 88,75 %dalam kategori sangat layak dan dapat diimplementasikan.  (3) Berdasarkan uji efektivitas bahan ajar teks eksposisi berbasis kecerdasan linguistik mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000 kurang dari 0,05 sehingga bahan ajar ini dinyatakan efektif dan dapat digunakan untuk pembelajaran teks eksposisi. Bahan ajar teks eksposisi berbasis kecerdasan kinestetik mendapat nilai signifikansi sebesar 0,016 kurang dari 0.05 dapat dinyatakan efektif dan dapat digunakan untuk pembelajaran teks eksposisi. Bahan ajar teks eksposisi berbasis kecerdasan spasial mendapat nilai signifikansi 0.00 kurang dari 0.05 dapat dinyatakan efektif dan dapat digunakan untuk pembelajaran teks eksposisi.