DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Konstruksi Berprestasi Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang

Devi Ratih Retnowati

Abstrak


ABSTRAK

Ratih Retnowati, Devi 2016. Konstruksi Berprestasi Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. Ach Fatchan, M.Pd, M.P. (II) Drs. I Komang Astina, M.S, Ph.D.

 

Kata kunci: Berprestasi, Konstruksi

Setiap mahasiswa dalam upaya mencapai prestasi tidak terlepas dari realitas sosial pribadinya. Dalam pandangan Weber bahwa tindakan setiap manusia itu adalah berupa tindakan pilihan rasional (rationale choice). Tindakan pilihan rasional tersebut senantiasa terkait dengan memahami motif dan arti dari tindakan masing- masing individu itu sendiri. Pendekatan konstruksi akan menggali tentang bentuk perilaku maupun tindakan berprestasi mahasiswa S1 pendidikan geografi Universitas Negeri Malang. Prestasi bukanlah realitas sederhana, tetapi merupakan struktur pengalaman dari tindakan mahasiswa pada proses pencapaian prestasinya yang utama untuk digali.

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk- bentuk perilaku berprestasi mahasiswa S1 Pendidikan Geografi di Universitas Negeri Malang dan memahami makna perilaku berprestasi mahasiswa S1 Pendidikan Geografi di Universitas Negeri Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan konstruksi dan dalam penelitian ini 8 mahasiswa S1 Pendidikan Geografi yang berpresatasi. Pemilihan subjek menggunakan teknik Conditio Sine Quanon. Analisis data menggunakan analisis interaktif.

Hasil temuan proposisi I bentuk-bentuk perilaku berprestasi mahasiswa S1 Pendidikan Geografi terbentuk dipengaruhi, (1) cara belajar seperti mempunyai waktu khusus belajar, memiliki strategi belajar, memiliki kelebihan mudah  mengingat, memiliki kreatifitas belajar, belajar berdasarkan situasi dan kondisi, semangat untuk terus belajar; (2) pergaulan seperti selektif memilih teman, mandiri, memliki pemikiran yang sama terhadap teman belajar, merasa rajin diantara teman-temannya; (3) keluarga seperti mendapat dukungan orangtua, merasa dibanggakan keluarga, bentuk perhatian orangtua, keyakinan mendapatkan beasiswa, merasakan manfaat pendidikan orangtua, mempunyai tanggungjawab membanggakan orangtua. Pada temuan proposisi II pemahaman makna perilaku/tindakan  berprestasi mahasiswa adalah jika menjadi kebanggaan keluarga, kemandirian, rasa optimis, adanya peluang kerja, pandai mengatur waktu, kepercayaan keluarga, cita-cita, sikap perfeksionis dan percaya diri mendorong seseorang tetap berprestasi.

Saran dalam penelitian ini dapat dikembangkan dengan menggunakan pendekatan riset positivistik untuk menguji transferabilitas proposisi yang ditemukan riset ini, sehingga memperkaya temuan-temuan teori tentang prestasi.

 

ABSTRACT

Ratih Retnowati, Devi 2016. Achievement Of Construction For Education Geography Students  at Universitas Negeri Malang. Thesis. Geographic Departement. Postgraduate. Universitas Negeri  Malang. Advisor: (I) Prof. Dr. Drs. Ach Fatchan, M.Pd, M.P. (II) Drs. I Komang Astina, M.S, Ph.D.

 

Keyword: Achievement, Contruction

Every student in an effort to achieve a feat cannot be separated from social reality his private. In the sight of Weber that the act any man is in the form of an act of rationale choice. An act of choice rational the always relating to understand motives and the meaning of the act of for men is individual itself. Construction approach will probe about form of behavior and the act of high performing undergraduates geography education Universitas Negeri Malang. Achievement is not reality simple , but it is a structure experience of the act of students to the process achievement his achievement who main to excavated.

The purpose of this research was described  form of behavior performed well undergraduates education geography in Universitas Negeri Malang and understand the meaning behavior of high performing undergraduates geography education in Universitas Negeri Malang. This research used the construction and in this research 8 undergraduates of geography education achievement. Selection of subjects using techniques conditio sine quanon. Analysis of data using interactive analysis.

The outcome of the findings a proposition (I) forms behavior performed well undergraduates education geography formed influenced, (1) reviewing as have the time special learning, has strategy learning, having an excess easy remember, having creativity learning, learning based on the situation and condition, vigor to continue studying; (2) intercommunication as selective choose my friends,  has a similar thought to friend learning, feel diligent of his friends; (3) the family received support parents, feel proud of family, a form of attention parents, confidence received scholarship, parents feel benefits education, have responsibility plume parents. On the findings of a proposition (II) understanding meaning / behavior the act of achievement if a student is become the pride of the family , self-reliance , taste optimistic , any chance of work , smart set a time , the family trust , ideals , the attitude of the perfectionists and confident push someone remain performed well.

Advice in this research can be developed by using research positivistic research to test transferabilitas a proposition that this research is found , so that enrich the findings a theory about achievement.