DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Socio-Biological Case Based Learning Terhadap Literasi Biologi, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Biologi FMIPA UM

Herwim Enggar Pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Herwim Enggar. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Socio-Biological Case Based Learning Terhadap Literasi Biologi, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Biologi FMIPA UM . Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Hadi Suwono, M.Si, (II) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D.

 

Kata Kunci: model pembelajaran socio-biological case based learning,   literasi biologi, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar   kognitif

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui perbedaan model pembelajaran socio-biological case based learning terhadap literasi biologi, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa biologi FMIPA UM. Model pembelajaran ini dikembangkan untuk memfasilitasi dosen dan mahasiswa memanfaatkan kasus yang terjadi di kehidupan sehari-hari dipecahkan dengan materi biologi di dalam atau di luar kelas. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi experimental design) dengan pola nonrandomized pretest-posttest control group design.  Penelitian dilakukan di jurusan Biologi UM pada matakuliah Biologi Umum mahasiswa angkatan 2015. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober-Desember 2015. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan dari pretest dan  posttest. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa literasi biologi, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan literasi biologi, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif pada matakuliah Biologi umum antara kelas model socio-biological case based learning dan model lecture based learning. Berdasarkan hasil rerata Gain score didapatkan bahwa: (1). Ada perbedaan literasi biologi mahasiswa biologi pada matakuliah biologi umum melalui model pembelajaran socio-biological case based learning; (2). Ada perbedaan keterampilan berpikir kritis mahasiswa biologi pada matakuliah biologi umum melalui model pembelajaran socio-biological case based learning; serta (3). Ada perbedaan hasil belajar kognitif mahasiswa biologi pada matakuliah biologi umum melalui model pembelajaran socio-biological case based learning.