DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan LKS Tematik Berbantuan Komik Kontekstual Subtema " Keindahan Alam Negeriku" Kelas IV SDN Dadaprejo 01 Batu

Suci Amalia

Abstrak


ABSTRAK

 

Amalia.S. 2016. Pengembangan LKS Tematik Berbantuan Komik Kontekstual Subtema “Keindahan Alam Negeriku” Kelas IV SDN Dadaprejo 01. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd., (II) Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd

 

Kata kunci: pengembangan LKS, tematik, komik, pembelajaran kontekstual

Inovasi dalam pembelajaran dengan mengembangkan LKS tematik berbantuan komik kontekstual. Karena pembelajaran melalui media cetak merupakan salah satu upaya guru untuk memudahkan siswa belajar. Tujuan dari penelitian ini, pertama menghasilkan produk berupa LKS tematik berbantuan komik berbasis kontekstual untuk subtem “Keindahan Alam Negeriku” kelas IV di SDN Dadaprejo 01 Batu. Kedua dengan hasil produk LKS tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemenarikan, kepraktisan dan keefektifan pembelajaran tematik di SDN Dadaprejo 01 Batu.

Penelitian ini menggunakan model penelitian R n D dengan menggunakan desain pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 9 tahapan pengembangan. Proses pengembangan meliputi: perencanaan, mengembangkan produk awal, evaluasi produk oleh para ahli (satu ahli materi dan satu ahli media), revisi produk I, kegiatan uji coba kelompok kecil yang dilakukan dengan melibatkan 6 subjek, revisi produk II, kegiatan uji coba kelompok besar (uji lapangan) dengan menggunakan 20 subjek, hasil produk akhir berupa LKS  tematik berbantuan komik kontekstual subtema “Keindahan Alam Negeriku” untuk siswa SD kelas IV.

Setelah dikonversikan dengan tingkat validitas, ahli media menilai bahwa LKS ini termasuk dalam kriteria valid, sedangkan menurut penilaian ahli materi LKS ini termasuk dalam kriteri sangat valid. Dari hasil pre-test dan post-test, kelas yang menggunakan LKS tematik berbantuan komik berbasis kontekstual lebih besar persentasenya, yakni 84%, dibanding dengan kelas yang tidak menggunakan LKS tematik berbantuan komik berbasis kontekstual, yakni sebesar 72,36%. Setelah melakukan pengamatan ulang melalui uji t-tes dengan menggunakan taraf siginifikan. Data yang diperoleh signifikannya 0,00 < 0,05 sehingga data termasuk signifikan dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai antara kelas yang menggunakan LKS tematik berbantuan komik kontektual subtema “keindahan alam negeriku” kelas IV SD dengan kelas yang tidak menggunakan LKS tematik berbantuan komik berbasis kontektual subtema “keindahan alam negeriku” kelas IV SD.