DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual Subtema ‘Keunikan Daerah Tempat Tinggalku’ Untuk Kelas IV Sekolah Dasar di Sidoarjo

Firdaus Su'udiah

Abstrak


ABSTRAK

 

Su’udiah, Firdaus. 2016. Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual Subtema ‘Keunikan Daerah Tempat Tinggalku’ Untuk Kelas IV Sekolah Dasar di Sidoarjo. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd (II) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, buku teks, tematik, kontekstual

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas IV SDN Pangkemiri I Sidoarjo, ditemukan fakta bahwa bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran belum kontekstual dengan karakteristik dan lingkungan siswa. Buku teks pelajaran yang digunakan masih bersifat sangat umum dan belum memanfaatkan potensi/keunikan daerah setempat, sementara guru juga belum maksimal dalam mengaitkan materi pembelajaran dengan lingkungan sekitar siswa. Selain itu, tampilan dan isi buku teks kurang menarik karena hanya sedikit memuat gambar-gambar konkret yang ada di sekitar siswa sehingga siswa mengalami kebosanan.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk buku teks tematik berbasis kontekstual yang sesuai dengan karakteristik dan lingkungan siswa, dan (2) menguji kevalidan, kemenarikan, kepraktisan, serta keefektifan produk yang dikembangkan.

Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Langkah yang dilakukan hanya langkah pertama sampai langkah ke sembilan. Penelitian ini tidak sampai pada tahap diseminasi dan implementasi. Pengumpulan data menggunakan teknik: (1)  observasi, (2) tes, dan (3) dokumentasi. Instrumen yang digunakan, yaitu: (1) lembar observasi, (2) soal uji kompetensi, dan (2) dokumen.

Penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan menghasilkan produk berupa buku teks tematik berbasis kontekstual yang sesuai dengan karakteristik siswa. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa buku teks tematik berbasis kontekstual yang dikembangkan tergolong valid, menarik, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, kevalidan buku teks mencapai 86,93 %, kemenarikan sebesar 89%, kepraktisan sebesar 93,28 % dan keefektifan sebesar 87,77 dengan persentase ketuntasan 93,33 %. Selain itu, rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 86,95 dengan kriteria sangat aktif.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa buku teks tematik berbasis kontekstual yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk menggunakan buku teks tematik berbasis kontekstual sebagai buku penunjang dalam pembelajaran. Guru dapat menjadikan buku teks ini menjadi contoh/acuan untuk mengembangkan buku teks pada tema atau subtema lainnya.