DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Aktivitas Guru Kelas dalam Membuka dan Menutup Pelajaran di Sekolah Dasar

uluul khakiim

Abstrak


ABSTRAK

 

Khakiim, Uluul. 2016. Aktivitas Guru Kelas dalam Membuka dan Menutup Pelajaran di Sekolah Dasar. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd. (II) Prof. Utami Widiati, M.A., Ph. D.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Membuka Pelajaran, Menutup Pelajaran.

Membuka dan menutup pelajaran merupakan salah satu keterampilan dasar mengajar yang perlu dilaksanakan dalam proses belajar mengajar. Melalui aktivitas yang dilaksanakan guru untuk membuka pelajaran siswa akan memiliki kesiapan untuk mengikuti pembelajaran, dan hal ini diperlukan oleh siswa. Begitupula dengan aktivitas yang dilaksanakan guru saat menutup pelajaran bertujuan agar dapat membantu siswa memiliki gambaran tentang materi yang dipelajari dan guru dapat mengetahui pemahaman siswa terhadap materi. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan aktivitas yang dilaksanakan oleh guru kelas I untuk membuka pelajaran dan 2) mendeksripsikan aktivitas yang dilaksanakan oleh guru kelas I untuk menutup pelajaran.

Penelitian ini menggunakan teknik kualitaif deskriptif. Pada penelitian ini, peneliti merupakan instrumen utama untuk mengumpulkan data. Subjek yang diteliti sebanyak empat orang guru kelas I. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen pedoman observasi, pedoman wawancara dan catatan lapangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas I telah melaksanakan membuka pelajaran dengan memenuhi komponen menarik perhatian, menimbulkan motivasi, memberi acuan dan membuat kaitan. Namun tidak semua indikator yang terdapat pada masing-masing komponen dilaksanakan oleh guru karena harus disesuaikan dengan karakteristik dan kemampuan siswa kelas I serta keefektifan pelaksanaan. Aktivitas yang telah dilaksanakan guru kelas I untuk menarik perhatian siswa sesuai dengan indikator melaksanakan gaya mengajar, menggunakan alat bantu, dan melaksanakan pola interaksi yang bervariasi. Saat menimbulkan motivasi, guru melakukan komunikasi yang hangat dan antusias, menimbulkan rasa ingin tahu siswa dan memperhatikan minat siswa. Saat memberikan acuan guru menyarankan langkah-langkah yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran, mengingatkan masalah pokok dan mengajukan pertanyaan terkait materi. Pada saat membuat kaitan, aktivitas yang dilaksanakan guru telah memenuhi ketiga indikator yaitu mengaitkan aspek yang relevan, membandingkan pengetahuan yang lama dengan yang baru, dan menjelaskan konsep sebelum bahan dirinci. Aktivitas yang dilaksanakan guru saat menutup pelajaran juga disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik siswa serta keefektifan pelaksanaan. Saat melaksanakan aktivitas untuk meninjau kembali, guru membimbing siswa untuk menyimpulkan secara lisan. Komponen mengevaluasi untuk mengetahui pemahaman siswa dilaksanakan guru dengan meminta siswa mengekspresikan pendapat dan memberikan soal lisan, dan pada komponen tindak lanjut aktivitas yang dilaksanakan guru yaitu memberi pekerjaan rumah bagi siswa.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, guru kelas IA, IB, IC, dan ID telah melaksanakan komponen yang terdapat dalam keterampilan membuka dan menutup pelajaran yang diwujudkan dalam bentuk aktivitas guru. Indikator yang dilaksanakan guru untuk memenuhi komponen membuka dan menutuppelajaran disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik siswa kelas I serta keefektifan pelaksanaan. Saran bagi guru, diharapkan guru lebih meningkatkan kualitas pembelajaran terutama pelaksanaan membuka dan menutup pelajaran, selain itu bagi peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan penelitian yang sejenis.