DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Turen.

Sri Ida Noviawati

Abstrak


ABSTRAK

 

IPA memberikan pengalaman proses, pengetahuan, dan sikap ilmiah kepada siswa untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang relevan untuk IPA. Observasi dan wawancara tentang proses pembelajaran IPA telah dilakukan di SMP Negeri 2 Turen pada bulan Agustus 2015. Hasil observasi dan wawancara ditemukan fakta bahwa proses pembelajaran masih terpusat pada guru, nilai rata-rata ulangan harian materi ekosistem dan pencemaran belum mencapai KKM 75, serta penilaian psikomotor dan afektif tidak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendekatan saintifik dan pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA.

Penelitian ini menggunakan rancangan mixed methods model embedded experimental dengan desain penelitian one group pretest-postest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Turen yang terdiri dari 34 siswa pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Kelas ini dipilih secara cluster random sampling. Instrumen penelitian terdiri atas silabus, RPP, LKS, soal tes hasil belajar kognitif, lembar observasi kegiatan pendekatan saintifik, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi penilaian psikomotor, lembar observasi dan angket penilaian afektif, serta pedoman wawancara. Analisis data kualitatif dilakukan dengan mendeskripsikan data kegiatan pendekatan saintifik yang terbentuk oleh siswa selama pembelajaran. Data kuantitatif berupa nilai pretes dan postes dianalisis dengan uji-t berpasangan dan N-gain. Data kuantitatif psikomotor dan afektif dianalisis secara deskriptif berdasarkan nilai rata-rata masing-masing aspek yang diperoleh selama proses pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi pendekatan saintifik telah terlaksana sangat baik dengan rata-rata kegiatan pendekatan saintifik yang terbentuk oleh siswa adalah menanya (38,83%), mengamati (62,06%), mengumpulkan informasi (12,05%), mengasosiasi (29,48%), dan mengomunikasikan (26,18%), 2) hasil belajar kognitif siswa secara nyata berbeda antara pretes dan postes dan meningkat dengan kategori sedang, 3) hasil belajar psikomotor siswa tercapai dengan kategori baik, dan 4) hasil belajar afektif tercapai dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan saintifik telah dilaksanakan dengan sangat baik dan dapat meningkatkan kemampuan siswa pada kegiatan menanya, mengamati, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Turen.