DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Media Promosi Produk Kerupuk Singkong Berbasis E-commerce

DWI PUTRA SYAKUR RAHARJO

Abstrak


ABSTRAK

 

Raharjo, D.P.S. 2016.Pengembangan Model Media Promosi Produk Kerupuk Singkong Berbasis E-Commerce (Studi Pada UKM Si Engkong di Kota Batu Tahun 2015). Tesis, Magister Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Bambang Banu Siswoyo, M.M. (II) Dr. Syihabudhin, S.E., M.Si.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Promosi, E-Commerce

Meningkatnya globalisasi ekonomi membuka kesempatan pasar yang luas bagi perusahaan. Dalam pemasaran produk, promosi tradisional yang dilakukan oleh sales/ penjualan produk “Si Engkong” adalah dengan promosi ke tetangga sekitar rumah sehingga membuat produk sesuai pesanan dari tetangga. Usaha masa kini yang efektif harus memikirkankembali bagaimana strategi pemasaran agar pemasarannya bisa lebih optimal, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi sekarang ini salah satu hal yang dapat dilakukan agar produk lebih dapat dikenal masyarakat luas adalah dengan melakukan penelitian pengembangan model media promosi.Masalah yang dihadapi oleh wirausaha ini berdasarkan hasil survei pendahuluan di lapangan menunjukkan bahwa kelompok wirausahatersebut masih lemah dalam publikasi dan promosi produk untuk menembus pasar yang lebih luas.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media promosi websitee-commerce dan penerapan kelima fase model pengembangan ADDIE. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan subjek salah satu UKM yang ada di Kota Batu dengan produk kerupuk singkong.Proses pengembangan dimulai menganalisa permasalahan dan kebutuhan, kemudian pengumpulan data, pembuatan media dan mendaftarkan domain pada server kemudian implementasi media promosi pada subjek coba dan yang terakhir adalah perbaikan media setelah melakukan uji validasi oleh pakar media, pakar pemasaran dan penggunainternet umum.Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan uji beda atau sample t-testuntuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan dari dua dua buah variabel yang dikomparasikan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data uji beda melalui Paired Samples Test, diperoleh hasil bahwa Sig. (0.000) < α (0.05) atau T hitung (-8.843) < T tabel (-2.145). Perbedaan yang siginifikan antara rata-rata permintaan  per minggu sebelum dan sesudah dibuat website sebesar 6,25 dan 15,25 yang mengindikasikan bahwa website mempunyai peran yang signifikan dalam membantu meningkatkan permintaan produk kerupuk singkong. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya media promosi, konsumen yang semula belum mengenal produk kerupuk singkong menjadi kenal dan tertarik kepada produk tersebut.Keefektifan media promosi ini juga dibuktikan dengan melihat jumlah pengunjung media promosi tersebut yang beralamatkan domain www.krupuksiengkong.comdimana selama empat bulan di jalankan telah tercatat sudah dilihat atau dikunjungi sebanyak lebih dari 600 kali. Ini  menunjukkan bahwa kehadiran website telah berperan meningkatkan daya tarik konsumen.