DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Segi Empat Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Satu Atap Dulupi

Rahmatia . Rahmatia

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan studi pendahuluan, ditemukan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep segi empat. Selain itu, pengalaman peneliti mengajar selama 4 tahun di SMPN 3 Satu Atap Dulupi kegiatan pembelajaran peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, perilaku peserta didik ketika mengikuti proses pembelajaran terkadang mengganggu teman yang sebelahnya atau mencari aktivitas lain yang tidak berhubungan dengan pembelajaran. Oleh kerana itu, guru harus memperbaiki cara mengajar dan merancang suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi segi empat dengan menggunakan pembelajaran inquiry.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran inquiry yang dapat meningkatkan pemahaman konsep segi empat peserta didik kelas VII SMPN 3 Satu Atap Dulupi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Partisipan penelitian adalah peserta didik SMPN 3 Satu Atap Dulupi yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian berupa lembar observasi tindakan guru dan respon peserta didik, lembar tes akhir siklus, dan pedoman wawancara.

Penerapan pembelajaran inquiry dalam penelitian terdiri dari tiga tahap kegiatan pembelajaran yaitu (1) kegiatan awal; mengingatkan materi sebelumnya, (2) kegiatan inti terdiri dari tujuh fase yaitu (a) orientasi; menggali pengetahuan awal peserta didik, (b) merumuskan masalah; mengamati masalah yang disajikan dalam lembar kerja peserta didik, (c) membuat dugaan; menuliskan dugaan pada lembar kerja, (d) mengumpulkan data; melakukan aktivitas dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam lembar kerja, (e) menguji dugaan; memeriksa kembali jawaban yang dituliskan dalam lembar kerja, (f) membuat kesimpulan; menuliskan kesimpulan berdasarkan aktivitas yang dilakukan pada fase mengumpulkan data, dan (g) menyajikan hasil; mempresentasikan jawaban kelompok di depan kelas, dan (3) kegiatan akhir; menyimpulkan materi yang diajarkan. Hal tersebut dapat ditunjukkan meningkatnya pemahaman konsep dari hasil tes akhir  siklus dan wawancara.

Hasil tes akhir siklus I, peserta didik memperoleh skor minimal 75 belum mencapai kriteria yang ditetapkan yaitu 11 dari 27 orang. Selain itu, hasil wawancara yang dapat menjawab pertanyaan dengan lengkap berjumlah 2 orang dari empat orang subjek wawancara sehingga belum mencapai kriteria yang ditetapkan. Hasil tes akhir siklus II yang mencapai minimal 75 yaitu 20 dari 24 orang dan hasil wawancara 4 orang subjek dapat menjawab semua pertanyaan wawancara berjumlah 4 orang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan pemahaman konsep segi empat peserta didik kelas VII SMPN 3 Satu Atap Dulupi.