DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Paket Pelatihan Kompetensi Multikultural Bagi Mahasiswa

bernardinus agus arswimba

Abstrak


ABSTRAK

 

Arswimba, Bernardinus, Agus. 2016. Pengembangan Paket Pelatihan Kompetensi Multikultural Bagi Mahasiswa. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd., (II) Prof. Dr. Nur Hidayah, M.Pd.

 

Kata Kunci: paket pelatihan, kompetensi multikultural

Mahasiswa multikultural telah menjadi fenomena dikampus, disebabkan karena mahasiswa berpindah ke daerah lain untuk dapat menuntut ilmu di universitas yang di sukai. Ini dapat menyebabkan terjadinya konflik karena minimnya kesadaran, pengetahuan dan keterampilan ketika berinteraksi dalam situasi multikultural. Tujuan penelitian adalah mengembangkan paket pelatihan kompetensi multikultural bagi mahasiswa yang memenuhi kriteria uji ahli materi, bimbingan dan konseling, media pembelajaran, uji perorangan, kelompok kecil dan lapangan. Model pelatihan yang diterapkan adalah Training Model for Cultural Diversity Competence (Garcia, 2003) karena kongruen dengan prinsip American Psychological Association.

Model desain Educational Research and Development yang dipakai adalah model Dick and Carey (2001), meliputi: mengidentifikasi tujuan, analisis pembelajaran, menganalisis pebelajar, merumuskan tujuan khusus, mengembangkan instrument penilaian, mengembangkan strategi, mengembangkan dan memilih materi, penilaian formatif, merevisi produk dan melakukan evaluasi sumatif.

Hasil penelitian menunjukkan data persentase yang diperoleh dari penilaian ahli budaya 91,91% (sangat baik). Ahli bimbingan dan konseling 81,6% (sangat baik). Ahli media pembelajaran 91,7% (sangat baik). Hasil uji coba perorangan 91% (sangat baik). Hasil uji kelompok kecil 94,05% (sangat baik). Sedangkan hasil uji lapangan 97,6% (sangat baik). Efektifitas pelatihan dengan Uji Paired Sample t Test menunjukan pelatihan efektif meningkatkan kompetensi multikultural mahasiswa.

Simpulan hasil penelitian adalah paket pelatihan kompetensi multikultural merupakan produk yang sangat baik dan efektif untuk meningkatkan kompetensi multikultural mahasiswa. Saran pemanfaatan: 1) pelatih perlu memiliki kompetensi, wawasan dan pemahaman kompetensi multikultural yang mendalam. 2) pelatih perlu memiliki pemahaman yang baik mengenai budaya Jawa. Saran desiminasi bahwa konsep kompetensi multikultural perlu dibahas dalam seminar, diskusi maupun kegiatan keilmiahan lain sehingga memberikan konsep yang utuh. Saran pengembangan produk lebih lanjut bahwa perlu bagi peneliti lain untuk mengembangkan pelatihan kompetensi multikultural bagi mahasiswa Yogyakarta agar memiliki kesadaran, pengetahuan dan keterampilan multikultural ketika berinteraksi dengan mahasiswa luar Jawa.