DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Pythagoras

pratiwi dwi warih sitaresmi

Abstrak


ABSTRAK

 

Sitaresmi, Pratiwi Dwi Warih. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Pythagoras. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I Nengah Parta, S.Pd, M.Si., (II) Dr. Swasono Rahardjo, S.Pd, M.Si.

 

Kata kunci: Learning Cycle 5E, kemampuan koneksi matematis, Teorema Pythagoras

Matematika merupakan ilmu yang terstruktur dan saling berkaitan antar satu topik dengan topik lainnya. Dalam proses pembelajaran guru harus memperhatikan aspek keterkaitan. Melalui koneksi, siswa dapat menghubungkan konsep-konsep matematika yang telah dipelajari sebagai pengetahuan dasar untuk memahami konsep yang baru. Berdasarkan hasil penelitian awal, diketahui kemampuan koneksi matematis siswa masih rendah. Kemampuan koneksi matematis siswa dapat ditingkatkan melalui pemberian soal-soal koneksi matematis. LKS yang beredar saat ini hanya berisi rangkuman materi dan latihan soal, sehingga kurang menyediakan aktivitas bagi siswa. Selain itu, diperlukan pembelajaran yang dapat memperbaiki pembelajaran di kelas. Leaning Cycle 5E merupakan salah satu model pembelajaran yang dalam prosesnya membekali siswa dengan konsep atau pemahaman baru secara mendalam. Oleh karena itu, perlu dikembangkan perangkat pembelajaran bercirikan Learning Cycle 5E yang mampu meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi Teorema Pythagoras. Perangkat yang dikembangkan berupa RPP dan LKS.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika bercirikan Learning Cycle 5E yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII pada materi Teorema Pythagoras. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu (1) preliminary research (penelitian awal), (2) prototyping phase (tahap perancangan prototipe), dan (3) assessment phase (tahap asesmen).

Validasi dilakukan kepada 1 validator ahli dan 2 validator praktisi. Uji coba lapangan dilakukan kepada 27 siswa kelas VIII MTsN Kota Probolinggo. Berdasarkan analisis kevalidan produk yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa (1) RPP mencapai rata-rata skor 3,38 atau memenuhi kriteria valid dan (2) LKS mencapai skor 3,18 atau memenuhi kriteria valid.  Berdasarkan analisis kepraktisan produk, diperoleh hasil bahwa observasi aktivitas guru dalam keterlaksanaan pembelajaran mencapai rata-rata 3,28 atau memenuhi kriteria baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa produk memenuhi kriteria praktis. Berdasarkan analisis keefektifan produk, diperoleh hasil bahwa (1) Rata-rata seluruh indikator aktivitas siswa   (2) Unjuk kerja siswa dalam LKS mencapai rata-rata , dan (3) Sebanyak 27 siswa  mengalami peningkatan kemampuan koneksi matematis. Oleh karena itu, disimpulkan produk yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif. Jadi dapat disimpulkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Produk layak digunakan sebagai alternatif perangkat pembelajaran matematika pada materi Teorema Pythagoras.