DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi ter¬ha¬dap Hasil Belajar IPA dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Mojokerto.

Sunarijah

Abstrak


ABSTRAK

 

Sunarijah. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi ter­ha­dap Hasil Belajar IPA dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Mojokerto. Disertasi, Program Studi Teknologi Pembelajaran, Pas­casarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd., (II) Prof. Dr. I Wayan Ardhana, M.A., (III) Dr. H. Sulton, M.Pd.

 

Kata kunci: strategi pembelajaran, motivasi berprestasi, hasil belajar, sikap ilmiah

Pembelajaran penemuan terbimbing dirancang untuk mengembangkan cara berpikir, keterampilan intelektual, belajar menemukan sendiri melalui dunia nyata dan secara langsung terlibat aktif dalam proses ilmiah. Selain itu, faktor internal yang erat kaitannya dengan hasil belajar adalah motivasi berpres­tasi siswa. Peneli­tian ini bertujuan untuk menguji keunggulan strategi pembelajaran penemuan ter­bimbing serta untuk mengetahui signifikansi interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA dan sikap ilmiah siswa.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu tipe pre-test and post-test nonequivalent control-group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP negeri di Kota Mojokerto tahun pelajaran 2014/2015 dan penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel peneli­tian adalah SMPN 4 dan SMPN 6 dengan total 144 siswa. Data dikumpulkan meng­gunakan instrumen tes, angket motivasi berprestasi, dan angket sikap ilmiah, dan dianalisis menggunakan teknik manova factorial design. Seluruh perhitungan menggunakan bantuan program aplikasi IBM SPSS Statistic 20 for Windows.

Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang menggunakan strategi pembelajaran pe­ne­muan terbimbing dan yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori; (2) ada perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan yang memiliki motivasi berprestasi rendah; (3) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA; (4) ada perbedaan sikap ilmiah antara kelompok siswa yang menggunakan strategi pembelajaran penemuan terbimbing dan yang mengguna­kan strategi pembelajaran ekspositori; (5) ada perbedaan sikap ilmiah antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan yang memiliki motivasi berprestasi rendah; dan (6) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap sikap ilmiah siswa.

Berdasarkan temuan penelitian, maka disarankan kepada guru agar menggu­nakan strategi penemuan terbimbing dalam pembelajaran, khususnya dalam pem­belajaran IPA pada materi atau pokok bahasan tertentu. Selain menggunakan stra­tegi penemuan terbimbing, guru perlu menumbuhkan sikap ilmiah siswa sejak dini.