DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Metode Debat dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa.

A. JAUHAR FUAD

Abstrak


ABSTRAK

 

Fuad, A. Jauhar. 2016. Pengaruh Metode Debat dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana, M.A, (II) Dr. Sulton, M.Pd, (III) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd.

 

Kata Kunci: metode debat, metode diskusi, gaya belajar, berpikir kritis.

Pembelajar perlu memilih metode pembelajaran yang tepat, karena dihadapkan pada banyak pilihan. Pembelajar yang menggunakan  pembelajaran aktif dengan berpusat pada pebelajar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pebelajar. Pembelajaran yang mempromosikan belajar aktif adalah metode debat dan metode diskusi. Kedua metode tersebut berorientasi pada kemampuan berpikir kritis terbatas maupun berpikir kritis umum. Aspek lain yang berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran adalah gaya belajar, yakni gaya belajar divergen dan konvergen. Rumusan masalah penelitian ini: (1) apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kritis terbatas antara pebelajar yang menggunakan metode debat dan metode diskusi? (2) apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kritis terbatas antara pebelajar yang memiliki gaya belajar divergen dan gaya belajar konvergen? (3) apakah ada interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis terbatas? (4) apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kritis umum antara pebelajar yang menggunakan metode debat dan metode diskusi? (5) apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kritis umum antara pebelajar yang memiliki gaya belajar divergen dan gaya belajar konvergen? (6) apakah ada interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis umum?

Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan pretest-posttest nonequivalent control group design. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 119 pebelajar. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Malang bidang studi pendidikan kewarganegaraan semester II. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan rating scales. Hipotesis penelitian diuji dengan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) menggunakan program SPSS 20 for Windows pada taraf signifikansi 0,05.

Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kritis terbatas antara pebelajar yang menggunakan metode debat dengan metode diskusi; (2) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis terbatas antara gaya belajar konvergen dengan gaya belajar divergen; (3) ada interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis terbatas. Hal ini bermakna bahwa pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis terbatas dipengaruhi oleh gaya belajar; (4) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis umum antara pebelajar yang menggunakan metode debat dengan metode diskusi. Metode diskusi lebih baik daripada metode debat; (5) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis umum antara gaya belajar konvergen dengan gaya belajar divergen; (6) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis umum. Hal ini bermakna bahwa pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis umum tidak dipengaruhi oleh gaya belajar.

 

Abstract

Fuad, A. Jauhar. 2016. The Effect of Debate Methods and Learning Styles on Students Critical Thinking Ability. Dissertation, Postgraduate. Instructional Technology Department, Malang State University. Supervisors: (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana, M.A; (II) Dr. Sulton, M. Pd; (III) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd.

 

Keywords: debate methods, discussion methods, learning styles, critical thinking.

Teachers need to select appropriate learning methods, because faced with many choices. Teachers using active learning with a focus on learner can improve critical thinking ability of learners. Learning method that promotes active learning is debate and discussion method. Both methods are oriented on limited critical thinking ability and general critical thinking. Other aspect that influences the effectiveness of learning is learning style, namely: divergent and convergent learning style. Accordingly, the research problems of this research are: (1) is there any difference between the limited critical thinking ability of learners using the methods of debate and those who are using discussion method? (2) is there any difference between the limited critical thinking ability of learners who have divergent learning style and convergent learning style? (3) is there any interaction between teaching methods and learning styles in the limited critical thinking ability? (4) is there any difference between the general critical thinking ability of learners who use the debate method and discussion method? (5) is there any difference  between the general critical thinking ability of learners who have divergent learning style and convergent learning style? (6) is there any interaction between teaching methods and learning styles in the general critical thinking ability?

This research used a quasi-experimental design with nonequivalent pretest-posttest control group design. The number of subjects in this study was 119 learners. The research was conducted at the State University of Malang field of civic education study second semester. Instruments used in this research are testing and rating scales. The study hypothesis was tested by Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) using SPSS 20 for Windows on a significance level of 0.05.

The results showed: (1) there is no difference between the limited critical thinking ability of learners among students who use the method of debate and those who use discussion method; (2) there is a difference in general critical thinking ability between converging learning styles and divergent learning styles; (3) there is an interaction between instructional methods and learning styles on the limited critical thinking ability. This means that the effect of the learning method on limited critical thinking ability are influenced by the learning styles; (4) there is a difference between the general critical thinking ability of learners among students using the method of debate and those who are using discussion method; (5) there is a difference in general critical thinking ability between converging learning styles and divergent learning styles; (6) there is no interaction between teaching methods and learning styles on the general critical thinking ability. This means that the effect of learning methods to the general critical thinking ability is not influenced by the style of learning.