DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Stilistika dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata

Laili Fatmalinda

Abstrak


ABSTRAK

 

Fatmalinda, Laili. 2016. Stilistika dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata. Tesis. Program Studi Keguruan Bahasa, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M. Pd., (II) Dr. Endah Tri Priyatni, M. Pd.

 

Kata Kunci: stilistika, novel Ayah, Andrea Hirata

Salah satu cara untuk mengetahui gaya penulisan setiap pengarang dalam sebuah karya sastra adalah dengan meneliti kekhasan penggunaan bahasa yang digunakan dalam karyanya. Kekhasan bahasa dalam setiap karya sastra dapat dikaji melalui ilmu stilistika. Penggunaan bahasa yang khas dalam karya sastra diperlihatkan oleh seorang penulis Indonesia yaitu, Andrea Hirata melalui novelnya yang berjudul Ayah yang menarik untuk diteliti. Novel tersebut memuat beberapa aspek yang termasuk dalam stilistika. Penelitian ini mengkaji stilistika dan cakupannya yang meliputi kekhasan diksi, struktur kalimat, dan majas.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi (Content analysis). Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa paparan kebahasaan tertulis yang mengandung kekhasan diksi, kekhasan struktur kalimat, dan kekhasan majas. Sumber data penelitian ini adalah novel Ayah karya Andrea Hirata. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka. Instrumen  dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, alat bantu berupa kartu data. Analisis data yaitu, pertama, memilih data yang mengandung kekhasan diksi, struktur kalimat, dan majas. Kedua, mengelompokkan data-data yang telah terpilih. Ketiga, data-data yang sudah ditemukan kemudian disajikan dalam kartu data, selanjutnya dideskripsikan hasil analisis berdasarkan data tersebut. Prosedur penelitian yaitu tahap prapenelitian, tahap penelitian, dan tahap pascapenelitian. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan pengecekan sejawat.

Hasil penelitian ini yaitu, pertama, ditemukan kekhasan diksi dalam novel Ayah karya Andrea Hirata meliputi (1) pemilihan nama, latar atau setting, (2) makna denotasi, (3) makna konotasi, (4) sinonim, (5) antonim. Kedua, kekhasan struktur kalimat berupa repetisi. Ketiga, ditemukan kekhasan majas yang meliputi (1) majas retoris yaitu majas asonansi, dan majas oksimoron, (2) majas kiasan terdiri dari majas metafora, personifikasi, dan simile. Kekhasan majas yang digunakan oleh Andrea Hirata tersebut merupakan majas yang mengandung unsur kelucuan. Keempat, kekhasan gaya bahasa Melayu yang merupakan bahasa pertama Andrea Hirata.

Saran bagi pembaca, dalam bidang pembelajaran yaitu dari segi pendidikan karakter, pembaca dapat memperoleh berbagai nilai-nilai moral pewujud pendidikan karakter di dalam novel Ayah karya Andrea Hirata. bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian dapat digunakan sebagai gambaran secara utuh untuk mengkaji karya sastra dalam bidang stilistika.